16 Des 2012
  Humas Berita,

Kepala BNPB Dapat Anugerah Duta Nagari Dari Keraton

YOGYAKARTA (16/12/2012) portal.jogjaprov.go.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Syamsul Maarif, mendapatkan anugerah Duta Nagari dari Keraton Yogyakarta. Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi, jasa dan pengabdian dibidang kemanusiaan.

 

Syamsul Maarif dinilai telah memberikan pengabdian yang terbaik bagi masyarakat Yogyakarta saat terjadi erupsi Merapi 2010 lalu. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X di Pendopo Agung Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Sabtu (15/12).

 

"Dr Syamsul Maarif telah memberikan karya terbaik bagi masyarakat DIY khususnya setelah erupsi beberapa waktu lalu sehingga masyarakat cepat pulih," terang Sultan dalam sambutannya.

 

Penanganan pasca bencana menjadi kegiatan yang tidak dapat dipandang sebelah mata, terutama untuk membantu percepatan pemulihan baik dari segi lingkungan maupun psikologis masyarakat. Syamsul Maarif dinilai tidak hanya bekerja untuk pemulihan masyarakat DIY secara optimal.

 

"Selain itu, penghargaan ini bukan semata-mata sebagai Kepala BNPB, tetapi juga sebagai sosok pribadi, yang telah melakukan aktivitas Public Relations Yogyakarta yang berdampak sangat positif terhadap pencitraan Yogyakarta di mata internasional," tutur Sultan.

 

Kesuksesan penyelenggaraan Pertemuan Dunia membahas bencana AMCDRR di Yogyakarta beberapa waktu lalu, menjadi salah satu upaya untuk menunjukkan kondisi DIY yang sudah kembali normal. Hal tersebut dibutuhkan karena dalam kurun waktu singkat berbagai bencana alam besar terjadi di DIY seperti gempa 2006 dan erupsi Merapi 2010.

 

Secara pribadi Sultan berharap, prestasi yang telah ditorehkan Syamsul Maarif dapat ditiru oleh pihak lain.

 

Menanggapi penghargaan yang diterima, Syamsul Maarif memberikan apresiasi atas penghargaan yang diterimanya. Penghargaan tersebut dikatakannya, bukan hasil karyanya secara sendiri. Apapun yang sudah dilakukan untuk masyarakat DIY, bagian dari kerja keras seluruh pihak yang ada di BNPB.

 

"Anugerah ini juga merupakan hasil kerja keras seluruh pejabat-pejabat dan staf BNPB, serta kerjasama yang baik dengan kementerian dan lembaga lain," tandas Syamsul..

 

Apa yang telah dilakukan menurutnya, juga tidak terlepas dari peran serta masyarakat DIY. Tanpa adanya rasa kebersamaan dan kesadaran untuk saling membantu yang cukup kuat tertanam di masyarakat, apa yang sudah direncanakan untuk melakukan pengurangan risiko dan pemulihan, sulit berjalan optimal. (rsd)

 

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: