15 Jul 2023

Kirab Drumband Gita Dirgantara Iringi Pamitan Capaja AAU

Yogyakarta (15/07/2023) jogjaprov.go.id - Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menyaksikan secara langsung kirab Drumband Gita Dirgantara AAU di Titik 0 KM Yogyakarta pada Sabtu (15/07) sore. Kirab ini merupakan rangkaian acara pamitan para Taruna AAU Tingkat IV atau Calon Perwira Remaja (Capaja) AAU 2023.

Kirab dilakukan di Jalan Malioboro mulai pukul 15.30 WIB sampai selesai. Kirab yang diawali dari Gedung DPRD DIY dan berakhir di Alun-Alun Utara ini diadakan dalam rangka pamitan Capaja AAU 2023 kepada warga Yogyakarta.

Para Capaja AAU 2023 mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh seluruh warga Yogyakarta, sehingga proses pendidikan yang mereka jalani dapat berjalan dengan lancar. Selama kurang lebih empat tahun, para taruna AAU atau yang biasa disebut karbol ini telah berbaur dengan masyarakat DIY. Mereka bahkan sudah menganggap DIY sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan mereka.

DIY dinilai telah memberikan kontribusi positif bagi para karbol selama memempuh tugas belajarnya. Selanjutnya, para karbol pun memohon doa restu dari warga DIY agar senantiasa diberi kekuatan lahir dan batin dalam melaksanakan tugas-tugas berikutnya di satuan TNI Angkatan Udara.

Pada acara ini hadir pula Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Wayan Superman, Wakil Gubernur AAU, Komandan Wing Taruna AAU, para Pejabat AAU, dan Forkopimda DIY. Tahun ini, para Capaja yang dinyatakan lulus berjumlah 114 orang, terdiri atas 102 Taruna dan 12 Taruni. Mereka telah menyelesaikan pendidikan di AAU yang ditandai dengan Upacara Penutupan Pendidikan dan Wisuda Sarjana pada 7 Juli 2023 lalu. Selanjutnya, mereka akan dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada 26 Juli 2023 mendatang.

Saat tepat berada di hadapan panggung Sri Paduka dan jajaran Pejabat AAU, Drumband Gita Dirgantara membentuk formasi piramida yang melambangkan olah kekuatan, semangat dan kekompakan para Taruna, sehingga siap menerima perintah atasan. Usai berfoto bersama, Wakil Gubernur DIY beserta para Pejabat AAU menaiki podium kehormatan dan melepas Drumband Gita Dirgantara serta para Capaja AAU 2023 menuju Alun-Alun Utara. (Rt/Th)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: