27 Mar 2013
  Humas Berita,

Kominda Provinsi Riau Studi Banding Ke Pemda DIY

 

 

Wagub DIY : Komunikasi dan saling koordinasi dalam menjaga lingkungan sangat mendukung ketertiban lingkungan.

 

YOGYAKARTA (27-03-2013) portal.jogjaprotal.go,id,- Sinergitas dan saling komunikasi antara Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta dengan semua Forum Ikatan Mahasiswa yang ada di Yogyakarta, merupakan salah satu cara untuk menciptakan lingkungan Yogyakarta yang kondusif.

 

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, saat menerima rombongan study banding KOMINDA Provinsi Riau, di Gedhong Pracimoso, Rabu (27/03)

 

Wakil Gubernur Provinsi Riau Dr. H.M. Soeryo Respationo.SH.MH. selaku ketua rombongan menjelaskan tujuan Study Banding KOMINDA Provinsi Riau ke Pemda DIY, diantaranya ingin mempelajari bagaimana cara-cara mengatasi permasalah yang ada di lingkungan masyarakat, khususnya tentang ketertiban, keamanan, di Yogyakarta, karena Yogyakarta terkenal dengan Kota yang nyaman, aman dan Tentram.Tandasnya.

 

Ditambahkan Wakil Gubernur DIY, kelihatannya Yogyakarta ini adem, ayem, namun juga ada riak-riak sedikit tentang kasus sosial kemasyarakatan, dan biasanya kasus yang ada di Yogyakarta sekecil apapun pasti terangkat ke Tingkat Nasional, karena Yogyakarta memang pernah menjadi ibu Kota Negara.

 

Yogyakarta sebagai kota pendidikan tidak lepas dari masalah kemasyarakatan khususnya dilingkungan mahasiswa, kalau dulu mahasiswa yang berasal dari luar jawa itu kost, dan dan membaur dengan masyarakat. Tetapi setelah ada Asrama dari Pemerintah Daerah, mahasiswa dari luar banyak yang masuk asrama.

 

Maka mahasiswa yang berasal dari luar jawa masih tetap membawa budaya daerahnya, dan kurang membaur dengan masyarakat sekitar, hingga mahasiswa kadang muncul egoisme.

 

Untuk menghindari hal-hal yang terjadi maka peran pemerintah disini sangat penting , yaitu meningkatakan komunikasi antar mereka, agar tidak menimbulkan masalah lingkungannya .

 

Rusmanto.SH. Selaku Ketua Kominda DIY. Menjelaskan fungsi Kominda DIY, salah satunya melakukan koordinasi dengan Forum Mahasiswa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat di DIY. Jika ada hal yang akan bisa menimbulkan keresahan lingkungan,. Kominda sudah nitip pada masyarakat agar ikut membantu mengawasi lingkungan agar lingkungan tenang dan tentram.

 

Untuk organisasi agama yang aliran keras di Yogyakarta juga ada, namun tidak menunjukan gejala-gejala yang bisa meresahkan lingkungan karena masyarakat sekitar sudah ikut mengawasi kegiatan mereka. (skm)

 

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: