07 Mei 2013
  Humas Berita,

Komisi II DPRD Provinsi Lampung Berkunjung ke Pemda DIY

 

 

 

YOGYAKARTA (07/05/2013) portal.jogjaprov.go.id - Keberhasilan didalam mengembangkan Koperasi dan UMKM di DIY salah satunya dengan memberdayakan usaha mikro, kecil dan menengah yang disenergiskan dengan kebijakan program dari pemerintah pusat diantaranya melalui sentra industry.

Demikian dikatakan Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi DIY Dra. Maria Supriyanti saat membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada acara penerimaan kunjungan Komisi II DPRD Provinsi Lampung di Ndalem Ageng, Kepatihan Yogyakarta, Selasa (07/05).

Dikatakan Gubernur bahwa perkembangan koperasi aktif di DIY saat ini telah banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan saat ini tercatat pada tahun 2012 koperasi aktif di DIY mencapai 2.090 koperasi dan mengalami perkembangan dibanding tahun 2011 yang hanya 1.981 koperasi. Serta perkembangan ini juga dialami oleh sector UMKM yaitu pada tahun 2012 mencapai 203.995 buah dan meningkat sekitar 1 % dari tahun 2011 yang hanya mencapai 201.975 buah

Gubernur DIY juga menyoroti walaupun telah mengalami perkembangan dan kemajuan juga masih ditemui kendala dan problematika salah satunya yaitu kesulitan dalam mengakses sumber-sumber pembiayaan dan permodalan serta terbatasnya kemampuan untuk meningkatkan modal yang dimilikinya. Disamping itu juga belum maksimalnya penyerapan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Koperasi dan UMKM serta sulitnya informasi dari pihak perbankan sebagai pelaksana dari KUR terkait realisasi pinjaman oleh masing-masing Bank pelaksana KUR.

Sementara disampaikan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Ahmad Djunaedi Auri maksud dari kunjungan ini ingin mengenal lebih dekat tentang koperasi dan pembinaan UMKM di DIY yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam penerapan Koperasi dan Pembinaan UMKM di Provinsi Lampung. Dipilihnya Yogyakarta sebagai daerah kunjungan ini berkaitan dengan keberhasilan Yogya dalam pembinaan program Perkoperasian dan UMKM telah nyata membuahkan keberhasilan.

Bertkaitan dengan itu dijelaskan oleh Ahmad Djunaedi bahwa saat ini Lampung mempunyai cita-cita untuk segera menerbitkan Peraturan Daerah tentang Perkoperasian yang didalamnya mentargetkan bahwa Lampung akan segera dijadikan provinsi koperasi dengan harapan koperasi yang ada di lampung nantinya akan benar-benar ada dan bergerak secara aktif.

Disamping itu UMKM yang ada di Lampung nantinya akan bisa menjadi UMKM yang berdaya guna dan tepat guna sehingga akan bisa membantu kesejahteraan rakyat yang stabil. Oleh karenanya kunjungan ke Yogya ini sudah sangat tepat mengingat Yogya telah mengalmi keberhasilan dibidang perkoperasian dan pemberdayaan UMKM. (dyk)

 

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: