16 Apr 2013
  Humas Berita,

KOMISI V DPR-RI HARAPKAN SEBELUM 2014 JOMBOR FLAY OVER SELESAI

KOMISI V DPR-RI HARAPKAN SEBELUM 2014 JOMBOR FLAY OVER SELESAI

Sleman (16/04/2013) portal.jogjaprov.go.id. Pembangunan Jombor Fly Over yang pembangunannya menggunakan Anggaran APBN pengerjaannya diharapkan lancar selesai sesuai dengan skedul rencana yang disepakati meskipun masih menghadapi kendala pembebasan tanah 1300 m2 yang belum dapat diselesaikan, namun harapannya masalah belum selesainya pembebasan tanah tersebut nanti malam (Selasa malam,16/04) bisa dicarikan solusi pemecahannya setelah bertemu dan dialog dengan Gubernur DIY .

Harapan demikian disampaikan Pimpinan Rombongan Komisi V DPR RI Lasarus.S.Sos, M.Si ketika meninjau proses pembangunan Jombor Fly Over yang didampingi penanggung jawab pembangunan Masriyanto dan jajaran instansi terkait siang tadi (Selasa,16/04) di bawah bangunan Jombor Flay Over, Ring Road Utara, Jombor, Sleman.

Menurut Lasarus dengan dibangunnya Jombor Flay Over setidaknya akan mengurangi kemacetan di jalan Magelang, itu yang paling utama. Ditandaskan Pimpinan rombongan bahwa Jembatan layang Jombor Fly Over ini merupakan jembatan monumental satu-satunya di Yogyakarta dan ini juga merupan icon untuk jogja karena menurut penanggungjawab nantinya pagar jembatan ini dibuat dengan ciri khas Yogyakarta sehingga dilingkungan jembatan ini bisa ditata dengan baik, oleh karena itu pebebasan tanah dilingkungan jembatan ini menjadi penting.

Sementara itu Masrianto selaku penanggungjawab pembangunan Jombor Flay Over ketika menerima rombongan Komisi V DPR RI menjelaskan bahwa persimpangan Jombor merupakan titik simpul utama yang menghubungkan antara DIY denganh Provinsi Jawa Tengah dan ini merupakan akses utama untuk jalur mobilisasi barang maupun manusia. Selama ini sering terjadi kemacetaan, sehingga untuk kelancarannya haruis dicarikan solusi penyelesaiannya yaitu dengan pembangunan Jombor Fly Over seperti ini.

Struktur Jombor Fly Over yang dikerjakan ini sepanjang 1062.617 M konstruksi bawah Borepile diameter 1200 mm Beton K350, Footing pilar beton k 350, abutement beton k 30, Pier head beton k350 dan kontruksi atas Boc girder beton k500, baja prategang, Pot Bearing Jembatan dan Expansion joint tipe Modular. Untuk pekerjaan underpass sepanjang 463,6 meter, pelebaran jalan seluas 3000 m2 dan hingga tanggal 12 April 2012 progress pengerjaan rencana 6,198 persen terealisasi 60,044 persen dengan deviasi 3,379 persen.

Waktu pelaksanaan pembangunan Jombor Fly over yang menggunakan sumber dana dari APBN 2012,2013,2014 sebesar Rp.114,92 milyar tersebut akan memakan waktu 780 hari yang dimulai dari tanggal 19 Juli 2012 dan diselesaikan 6 September 2014.

Disinggung masih terkendalanya pembebasan tanah seluar 1300 meter persegi tersebut menurut Masrianto sudah dicoba dilakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemda DIY dan pendanaanyapun sudah ada sharring antara APBD I dan APBN. Sampai saat ini ada beberapa kendala yaitu pada negosIasi harga yang semula belum ada mufakat sekarang ini sudah mulai ada mufakat untuk mempertemukan titik temunya dan harapannya dalam tahun ini bisa selesai 100 persen pembebasan lahannya.

Didesak mengenai ketepatan waktu Penanggungjawab pembangunan menyatakan bahwa pelaksanaan skedul awal memang pada pertengan tahun 2014, namun setelah kita adakan value engineering itu diharapkan sudah bisa selesai Maret 2014 100 persen. Namun demikian akan diusahakan bila waktu masih bisa memungkinkan, waktu yang setengah tahun lebih ini kita bisa mempercepat lagi pengerjaannya Desember 2013. Dan sebagai antisipasi kemacetan dia berjanji akan memfungsikan sebagian Jombor Fly Over ini pada lebaran nanti dengan dua lajur yang sudah berfungsi mudah-mudahan hal ini dapat terealisasi yang saat ini pengerjaannya mengejar ke arah sana, tandasnya.

Sesuai dengan Tugas dan Fungsi DPR-RI yaitu juga sebagai lembaga pengawasan setelah berdialog dengan jajaran penanggungjawab dan pelaksana pembangunan Jombor fly over langung meninjau dibeberapa bagian proyek serta rela berpanas-pnasan di atas jembatan Jombor Fly Over mengamati secara cermat.

Usai meninjau Jombor Fly Over Rombongan menuju Rusunawa Projotamansari II) di Desa Ngestiharjo, Kasihan Bantul dan disana diterima pengelola Rusunawa Projotamasari II Yudo Wibowo ST dan segenap Paguyuban di Rusunawa dan dilanjutkan ke bangunjiwo, Bantul (kar)

 

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: