09 Mar 2012
  Humas Berita,

Kunker Wagub DIY Ke Kabupaten Bulungan Kaltim

Mengkuti Kunker Wagub DIY Ke Kabupaten Bulungan Kaltim (1)

 

Bupati Bulungan: Paku Alam IX Adalah Pimpinan Daerah Provinsi Satu-satunya Di Indonesia Yang Sering Mengunjungi Warga Transmigran Asal DIY

BULUNGAN (08/03/2012) pemda-diy.go.id
Selama beberapa hari Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dan rombongan mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Timur. Dalam kunker tersebut Wagub didampingi beberapa pimpinan SKPD Pemprov DIY diantaranya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drs. Untung Sukaryadi, MM, Kepala Dinas Sosial Drs. Sulistyo, SH.CN.MSi, Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Drs. Suparno, Kasie Penerangan Motivasi (Penmot) dan Pemberdayaan Transmigrasi (Pentrans) Disnakertrans Dra. Retno Basundari, MM, perwakilan Dinas Pertanian dan Humas Biro Umum, Humas dan Protokol Setdaprov DIY.

Kunker Wagub DIY dan rombongan selain dalam rangka menjenguk warga transmigran asal DIY yang ditempatkan di SP (Satuan Pemukiman) 2 Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, juga dalam rangka mempererat silaturahmi dan hubungan yang sudah terjalin baik selama ini. Reporter pemda-diy.go.id, Rosadi Joko S yang mengikuti kunker tersebut akan menuliskan laporannya dalam beberapa bagian.

Setelah menempuh perjalanan panjang dari pagi hingga sore hari, Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dan rombongan tiba di Kabupaten Bulungan sekitar pukul 15.00 WITA, Selasa (06/03) belum lama ini. Kedatangan Wagub dan rombongan disambut Sekda Kabupaten Bulungan H. Sujati, Kepala Disankertrans Akhmad Bey Yasin dan jajaran di Pelabuhan Kayan I Tanjung Selor. Malam harinya bertempat di gedung serbaguna Pemkab Bulungan, jalan Jalarai, Tanjung Selor, dilakukan penyambutan oleh Bupati Bulungan Drs. Budiman Arifin, MSi beserta jajaran pimpinan SKPD Pemkab Bulungan dengan jamuan makan malam.

Bupati Bulungan Budiman Arifin dalam sambutan selamat datang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wagub DIY dan rombongan atas kunjungan kerjanya di Kabupaten Bulungan. Ia bahkan menegaskan jika Sri Paduka Paku Alam IX adalah pimpinan daerah provinsi satu-satunya di Indonesia yang sering mengunjungi warga transmigran asal DIY.

Untuk kesekian kalinya Wagub DIY berkunjung ke Bulungan. Beliau adalah pimpinan daerah provinsi satu-satunya di Indonesia yang sering mengunjungi warga transmigran asal DIY, tandas Bupati Budiman Arifin.

Bupati mempersilahkan Wagub DIY dan rombongan mengemukakan kekurangan-kekurangan yang dilakukan jajarannya dalam menangani transmigrasi khususnya transmigran asal DIY, dengan mengajak sharing untuk menutup kekurang-kekurangan itu dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY dan lainnya yang kebetulan bertransmigrasi dan ditempatkan di pulau Kalimantan.

Dimana kekurangannya, dikemukakan saja. Kalau kurang, kurangnya dimana, mungkin kita bisa sharing, ujarnya.

Dikemukakan Budiman Arifin, informasi terakhir yang ia terima dari Dinas Pertanian dan hasil perhitungan BPS Kabupaten Bulungan, ada peningkatan kesejahteraan sampai lebih dari rata-rata dalam artian penghasilan yang diterima Kabupaten Bulungan. Dan yang lebih menggembirakan lagi, lokasi transmigrasi di SP 2 Tanjung Buka, yang sudah ada sekian tahun maupun di SP 8 KTM Salim Batu yang notabene akan didatangkan pula transmigran asal DIY, merupakan lokasi kawasan pangan Kabupaten Bulungan yang diangkat ke tingkat nasional sebagai kawasan food estate.

Dari SP 1 hingga 8 seluas 50 ribu hektar sudah ditetapkan sebagai kawasan pangan Kabupaten Bulungan, katanya.

Sementara Wagub DIY Paku Alam IX merasa bersyukur bisa mengunjungi Kabupaten Bulungan untuk kesekian kalinya. Bahkan Wagub merasa bukan orang baru di daerah ini, sebab pada tahun 67 hingga 70-an dirinya mengaku sebagai tukang angkat-angkat kayu.

Saya bukan orang baru disini, daerah sini saya sudah kenal nama-namanya, saya juga masih ingat, mulai dari Nunukan, Tarakan, Berau, Sedau, Karangtigo, Apaspayau dan lainnya. Semua saya sudah datang kesana, terang Wagub yang disambut aplaus dari Bupati dan hadirin.

Wagub Paku Alam IX berharap, Yogyakarta dan Bulungan dapat tetap menjaga hubungan baik yang sudah terjalin selama ini.

Dalam kesempatan tukar menukar cindera mata sebagai tanda persahabatan, Bupati Bulungan Budiman Arifin berkesempatan mengenakan pakaian kepala adat suku Dayak Tidung beserta asesorisnya berupa Rompi, Mahkota dan Mandau (senjata perang suku Dayak jaman dulu) kepada Wagub DIY Paku Alam IX sebagai penghargaan. Selain itu Bupati juga menyerahkan Mandau kepada Kepala Disnakertrans DIY Untung Sukaryadi dan Kepala Dinas Sosial DIY Sulistyo. Sementara Wagub Paku Alam IX kepada Bupati Bulungan Budiman Arifin menyerahkan plakat logo Pemprov DIY dan kerajinan perak khas Kotagede. (bersambung)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: