20 Sep 2012
  Humas Berita,

Mendukung P2BN dengan kebijakan peningkatan produksi padi

Mendukung P2BN dengan kebijakan peningkatan produksi padi

 

Ir. Retno Setijowati MS: Masa tanam bersamaan atau serentak akan mengurangi hama wereng

Yogyakarta ( 20-09-2012) pemda-diy.go.id,- Sineginitas lintas sector akan mendukung suksesnya program P2BN dalam menghadapi masa tanam bulan Oktober Maret 2012. Untuk mencapai target peningkatan produksi padi semua sector harus salin membatu agar para petani bisa melakukan masa tanam Oktober Maret sesuai musim nya.

Hal itu disampaikan oleh Ir. Retno Setijowati.MS. Kepala Biro Adminstrasi dan Perekonomian Dan SDA setda Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, saat membuka lokakarya dalam rangka sinernitas sector dalam mendukung suksesnya program P2BN, di Gedung Unit IX Kepatihkan hari Rabu ( 19/9)

Ditambahkan Ir. Retno Setijowati.MS, Bantuan bibit padi bagi para petani akan sangat membantu petani untuk mengurangi beban biaya masa tanam padi, demikian juga pupuk bersubsidi juga harus bener-bener di distribusikan sesuai peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah jangan sampai ada salah dalam mendistribusikan, ungkapnya.

Sektor Perairan, pengendali cuaca juga harus selalu member informasi yang jelas kepada masyarakat tentang cuaca yang baik untuk masa tanam padi agar hama wereng setidaknya bisa dicegah. Apabila musim tanam sesuai musimnya. Kenapa? Petani kadang terkecoh dengan cuaca yang mendung dikira sudah masuk musim hujan ternyata belum, Hal ini inforamsi sari sector yang mengurusi cuaca sangat penting , Kata Retno.

Sementara itu Ir. Nanang Suwandi. MMA Kepala Dinas Pertanian Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menjelaskan, Disamping kita harus bisa meningkatkan Produksi padi, namun disisi lain kita harus bisa mengurangi kumsumsi beras, dengan cara makan makanan bahan pangan yang sudah diolah menjadi aneka ragam jenis makanan, ditambah buah-buah, dan ikan yang juga memiliki gizi tinggi.

Masukan dari dinas pertanian dari kabupaten semua sudah siap koordinasi dengan para petani untuk masa tanam padi oktober maret 2012. Koordinasi dari semua sector sangat diharapakan dinas pertanian kabupaten se DIY. (skm)

 

Bagaimana kualitas berita ini: