09 Mar 2012
  Humas Berita,

Meneg PPN/Kepala Bapenas membuka Musrenbang Prov. DIY tahun 2012

Meneg PPN/Kepala Bapenas membuka Musrenbang Prov. DIY tahun 2012

 

KEPATIHAN YOGYAKARTA (09/03/2012) pemda-diy.go.id Musyawarah Perencanaan Pembangunan Prov. DIY tahun 2012 dengan tema Penguatan Daya Saing dan Ketahanan Ekonomi Daerah untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, berlangsung dari tanggal 9 Maret s/d 12 April, diikuti sekitar 150 undangan dari jajaran birokrasi, legislative, perguruan tinggi, LSM, Ormas, Organisasi profesi, Swasta dan dengan Kabupaten Tetangga. Pagi ini Jumat (09/3/12) dibuka oleh Meneg PPN/Kepala Bapenas, Armida Alijsyahbana di Ambarukmo Palace Hotel Yogyakarta.

Kepala Bapeda Prov. DIY Drs. Tavip Agus Rayanto, Msi selaku ketua panitia Musrenbang melaporkan bahwa Musrenbang kali ini ditujukan untuk menyusun rencana kerja pembangunan daerah tahun 2013. Diawali dengan memperbaiki prioritas pelaksanaan pembangunan agar efektif, yang meliputi dua ranah yaitu dari sisi proses dengan modifikasi terhadap alur kegiatan musrenbang tahun 2012 yang dilaksanakan selama satu bulan, yang dilaksanakan antar SKPD dan diluar SKPD yang diintegrasikan menjadi satu kesatuan.

Ranah kedua berkaitan dengan aspek lintas kewilayahan dan lintas sector yang diawali dengan forum gabungan sektoral dan kewilayahan dimana penetapan lokasi sasaran pada kantong-kantong kemiskinan. Dan diharapkan ini merupakan terobosan baru dalam proses perencanaan karena tidak terhenti pada forum seremonial saja namun akan diikuti pembahasan-pembahasan yang intensif yang dituangkan dalam kesepakatan dan kesepahaman bersama.

Tema Musrenbang kali ini juga telah disesuaikan dengan perkembangan sektoral dan kewilayahan yang sedang menjadi isu sentral di DIY dan sesuai dengan rancangan garis kerja pemerintah tahun 2013 yaitu daya tahan ekonomi, daya saing dan peningkatan kesejahteraan rakyat, jelas Tavip.

Gubernur DIY Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan bahwa Musrenbang kali ini merupakan langkah penting untuk mengawali proses pelaksanaan pembangunan prov. DIY tahun 2013. Mutu dan keandalan pembangunan harus benar-benar mampu memberikan kontribusi yang siknifikan dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Dengan prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan akuntabel yang diarahkan pada upaya pencapaian pembangunan daerah itu sendiri.

Gubernur berharap, rangkaian Musrenbang ini mampu mensinergikan potensi yang ada baik secara vertical maupun horizontal. Terjadi kesamaan pandangan dan harapan oleh seluruh pelaku pembangunan dalam memadukan strategi, kebijakan, program dan kegiatan prioritas sehingga benar-benar terwujud kualitas perencanaan yang mampu menjawab keinginan masyarakat secara lebih luas.

Meneg PPN/Kepala Bapenas, Armida Alijsyahbana sangat mengapresiasi kegiatan kali ini karena Musrenbang Prov. DIY ini merupakan yang pertama di Indonesia dari segi jadwal dan mekanisme penyelengaraannya yaitu mengubah waktu yang lebih lama dan dalam pembahasan secara substansi betul-betul dibahas juga dikoordinasikan yang lebih baik, terkait untuk RKPD tahun 2013.

Disampaikan garis besar terkait dengan penyiapan proses APBNP 2012, menjaga kasinambungan kondisi fiscal utamanya adanya kenaikan harga minyak dunia. Dengan upaya mengendalikan besaran subsidi dengan kenaikan BBM bersubsidi naik kelevel 6.000 rupiah perliter. Menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional, kesempatan kerja dan pengentasan kemiskinan. Dengan usulan pertumbuhan ekonomi sekitar 6,5 %, inflasi 7 %, dengan tingkat kemiskinan 10,5 s/d 11, 5 % nasional, pengangguran 6,4 s/d 6,6 %.

Mekanisme konpensasi BBM diusulkan terhadap angkutan umum dengan tarip yang tidak naik dengan tambahan subsidi, mulai dari kapal laut, kereta api dll untuk kelas ekonomi. Angkutan kota dengan pembebasan bea masuk komponen suku cadang. Kemungkinan subsidi fasilitas kredit untuk perusahaan angkutan umum yang ingin meremajakan kendaraannya. Akan ditambah juga subsidi siswa miskin sekitar 30 % dari keluarga termiskin dari SD s/d SLTA untuk menghindari putus sekolah. Pembangunan SPBG untuk angkutan umum dilokasi tertentu dan juga penyiapan konferter kitnya. (Ali)

Humas Ro. UHP Pemprov. DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: