29 Mei 2012
  Humas Berita,

Menjadi Tua Tidak Bisa Dihindari Siapapun

Menjadi Tua Tidak Bisa Dihindari Siapapun

Peringati Hari Lansia, Dinsos DIY Gelar Senam Masal dan Pameran Hasil Karya Lansia

YOGYAKARTA (29/05/2012) pemda-diy.go.id
Menjadi tua memang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Namun yang terpenting bagaimana menjadi tua yang sehat, kuat dan mandiri, serta berkualitas. Dalam arti lanjut usia (lansia) yang potensial, masih mampu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa.

Demikian dikemukakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melalui Wagub Paku Alam IX, pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-16 Provinsi DIY, di Alun-alun Selatan, Yogyakarta, Selasa (29/05).

Ditambahkan, usia harapan hidup rata-rata penduduk DIY saat ini sekitar 74 tahun, melebihi angka nasional yang hanya mencapai 70,6 tahun. Hal itu sebagai dampak pembangunan yang telah menghasilkan kondisi sosial masyarakat yang semakin membaik dan usia harapan hidup juga semakin meningkat.

Ini tentu patut kita syukuri, karena berarti tingkat kesejahteraan masyarakat DIY secara bertahap makin baik, berarti pula indeks pembangunan manusia, human development index yang menjadi ukuran keberhasilan pembangunan juga semakin meningkat, tandas Sultan.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY, Drs. Sulistyo, SH,Cn, MSi, tujuan dari peringatan Hari Lansia dengan tema Memperkuat Keluarga dan Masyarakat Untuk Mendukung Kemandirian Lansia, adalah melembaganya nilai-nilai sosial masyarakat untuk selalu menghargai keberadaan lansia, terwujudnya dan meningkatnya kesadaran para lansia, keluarga dan masyarakat terhadap arti pentingnya makna kehidupan berbangsa dan bernegara melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lansia. Serta termotivasinya dan tergeraknya lansia, keluarga, organisasi sosial, masyarakat dan dunia usaha dalam upaya meningkatkan kesejahteraan lansia dengan mengembangkan jiwa dan semangat kebersamaan keluarga lansia.

Berbagai kegiatan menyongsong Hari Lansia telah dilaksanakan, yaitu Rakor Komda Lansia, Sarasehan Komunitas Lansia DIY, dan Bhakti Sosial Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan kepada 100 lansia di Desa Ponjong Gunungkidul. Sementara pada puncak acara digelar senam masal lansia dan pameran hasil karya lansia. (rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: