19 Mar 2013
  Humas Berita,

Menteri Luar Negeri Suriname Bertemu Gubernur DIY

 

 

Kepatihan, Yogyakarta (19/03/2013) portal.jogjaprov.go.id - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Suriname, Winston Lackin, pagi tadi (Selasa, 19/02) dan diterima di Gedhong Wilis, Kepatihan, Yogyakarta.

 

Sri Sultan Hamengku Buwono X kepada tamunya menyampaikan terima kasih atas kehadirannya di Yogyakarta dan berharap semoga dengan kehadiran Menlu Suriname ini dapat membawa manfaat yang lebih besar bagi hubungan antara Indonesia dengan Suriname.

 

Sementara itu Menteri Luar Negeri Suriname juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Gubernur DIY, atas sambutan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah DIY, dalam upaya mempererat hubungan kedua negara dan juga hubungan yang lebih khusus antara Suriname dengan DIY.

 

Lebih lanjut Gubernur DIY mengatakan, di ulang tahun ke-120 Masyarakat Jawa di Suriname tahun ini, Sultan berharap Presiden RI, bisa menghadiri acara tersebut, sehingga lebih mendekatkan hubungan kedua Negara dan bisa mempermudah kerjasama ekonomi antara Indonesia dengan Suriname.

 

Gubernur DIY juga menyinggung mengenai penandatanganan (MoU) antara Kota Yogyakarta dengan Distrik Commewijne, yang mayoritas penduduknya keturunan jawa diharapkan kedepan, Mayor Commewijne dapat membalas kunjungan ke Yogyakarta dalam rangka untuk lebih mempererat hubungan Sister Cities antar kedua kota. Jelasnya

 

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan kepada Menlu Suriname mengenai respon atas permintaan Dubes Indonesia di Suriname untuk mengirimkan Ahli Dalang dari DIY untuk dapat mengajar kesenian wayang di Suriname.

 

Sultan memberikan masukan agar setidaknya selain mengirimkan ahli dalang, juga harus ditunjang dengan guru bahasa jawa dan guru tembang, untuk dapat mendukung perwayangan.

 

Kedepan, Yogyakarta juga akan mengirimkan akademisi ke Suriname untuk dapat mengajarkan pengolahan kelapa, yang sering dijumpai di Suriname, namun belum banyak bisa dimanfaatkan dengan maksimal, seperti menghasilkan gula jawa. tutupnya.

 

Rombongan Menteri Luar Negeri Suriname datang ke Yogyakarta didampingi oleh Duta Besar Suriname untuk Indonesia, Titi Amina Pardi. (vt)

 

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: