13 Sep 2024
  Humas DIY Berita,

Miyos Gangsa, Dua Gamelan Saketi Ditabuh Sepekan

Yogayakarta (09/09/2024) jogjaprov.go.id - Prosesi Miyos Gangsa mengawali rangkaian peringatan Maulid Nabi di Kraton Yogyakarta pada Senin (09/09). Sepasang Gamelan Sekati, KK. Guntur Madu dan KK. Nagawilaga dibawa Kanca Abrit dari Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti menuju Pagongan Masjid Gedhe.

Pada prosesi ini, Gamelan Sekati dibunyikan secara bergantian oleh Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa sebanyak tiga kali sehari, pada pukul 08.00-10.00, 14.00-17.00, dan 20.00-23.00 WIB selama sepekan, sampai hari Minggu (15/09) atau 12 Mulud Je 1958. Prosesi ini dilakukan tepat sebelum dilaksanakannya prosesi Kondur Gangsa.

Gending yang dimainkan dalam prosesi Miyos Gangsa ini yaitu Gendhing Sekaten yang jumlahnya mencapai 68 gending. Namun, gending ini biasanya lazim dimainkan sebanyak 16 gending.

Sebelum dilaksanakannya prosesi Miyos Gangsa ini, telah dibagikan udhik-udhik oleh Utusan Dalem yang terdiri dari beras, uang logam, biji-bijian, dan bunga kepada masyarakat di Bangsal Pancaniti dan Halaman Kamandungan Lor (Keben) pada pukul 20.00 WIB. Udhik-udhik ini dimaknai sebagai sedekah dan kemakmuran raja yang dibagikan kepada rakyatnya.

Kemudian nantinya akan dilaksanakan prosesi Numplak Wajik pada Sabtu (13/09) di Kagungan Dalem Panti Pareden. Selanjutnya akan ada pembagian udhik-udhik oleh Ngarsa Dalem, yang akan dilakukan saat Kondur Gangsa pada Minggu (15/09) malam di halaman Masjid Gedhe dan terbuka untuk umum.

Selama pelaksanaan Sekaten, Kawedanan Pengulon akan menggelar pengajian selepas sholat asar dan isya di Kagungan Dalem Masjid Gedhe dan terbuka untuk umum. Sedangkan puncak acara Grebeg Mulud akan digelar pada Senin (16/09) mendatang. (ham/sdk)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: