11 Nov 2021

Museum Sejarah Purbakala Pleret

Museum Sejarah Purbakala Pleret mulai dibuka pada tanggal 10 Maret 2014. Museum ini didirikan di atas bekas kompleks Keraton Mataram Islam masa kekuasaan Raja Amangkurat I. Museum Sejarah Purbakala Pleret tidak hanya memiliki koleksi dari masa Mataram Islam saja, namun juga memiliki koleksi yang berasal dari berbagai zaman yang ditemukan di Kabupaten Bantul.

Dalam Situs Cagar Budaya Kedaton-Plered terdapat peninggalan situs. Antara lain pondasi bangunan keraton, saluran air, Benteng Cepuri Keliling Keraton sampai Sumur Gumiling yang berada di halaman museum. Semur Gumiling merupakan salah satu sumber mata air di dalam Keraton Plered, yang pada masanya digunakan untuk jamasan pusaka Keraton.

Di area museum ada situs cagar budaya Ratu Malang Gunungkelir. Berada di timur laut Museum Sejarah Purbakala Pleret. Tepatnya berada di Dusun Gunung Kelir, Desa Pleret. Situs ini berada di puncak bukit dengan ketinggian 100 Mdpl. Situs ini merupakan Kompleks Makam Ratu Malang Istri Amangkurat I yang memerintah Mataram Islam sepeninggalan Sultan Agung.

Bagaimana kualitas berita ini: