22 Mar 2013
  Humas Berita,

Ny.Joko Kirmanto Canangkan Gerakan Indonesia Bersih di Yogyakarta

 

SLEMAN, (22/03/2013) portal.jogjaprov.go.id. Gerakan Bersih, Sehat, Ramah Lingkungan dan Rapi menjadi kewajiban semua orang, dalam kehidupannya untuk menuju Indonesia bersih,. Namun kalau hal itu tidak ditanamkan sejak dini bagi anak-anak sekolah, kedepan untuk mewujudkan hal itu akan banyak tantangan dan kendala. Untuk itu dengan adanya Pencanangan Gerakan Indonesia Bersih melalui berbagai perlombaan (Lomba Karya Tulis, Lomba Poster Sanitasi , lomba 3 R (Reduce Reuse Recycle ) yang diselenggarakan Dinas Pekerjaan Umum ESDM DIY terhadap siswa SD,SMP sangat bermanfaat sekali.

Demikian dikemukakan anggota SIKIB(Solidaritas Istri-istri Kabinet Indonesia Bersatu) Ny.Joko Kirmanto yang didampingi Istri Wakil Menteri Kesehatan RI. Ny. Inayati Ali Gufron, ketika mencanangkan Gerakan Indonesia Berseri tadi padi (Jumat,22/03) di Villa Eden 2 Jalan Kaliurang, Pakem, Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan ESDM Kementerian PU DIY Muhammad Mansyur lomba Karya Tulis, Lomba Poster Sanitasi dan Lomba 3 R ini diikuti oleh 120 anak sekolah dari Tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) berlangsung selama 3 hari mulai hari ini Jumat,22 maret hingga hari minggu,24 marte 2013.

Lomba ini diselenggarakan oleh Dinas PU dan ESDM selain bertujuan untuk menenamkan sejak dini pada anak-anak dalam rangka kebersihan sanitasi lingkungan juga dalam rangka untuk seleksi Jambore Sanitasi Tingkat DIY yang akan diikut sertakan dalam Jambore Sanitasi Nasional tingkat SD,SLTP 2013 di Jakarta.

Dengan adanya seleksi Jambore Sanitasi DIY 2013 ini diharapkan nantinya DIY dapat mengirimkan Tim Jambore Sanitasi yang benar-benar punya kemampuan bersaing dengan utusan 32 provinsi lainnya di Indonesia dan hasilnya lebih baik, karena untuk Tahun 2011 DIY mampu memenangi juara II Jamboree Sanitasi nasional.

Dibagian lain Ny.Joko Kirmanto dalam sambutannya mengatakan bahwa lomba Poster dan seleksi Duta Sanitasi DIY 2013 serta pemamncangan Slogan Indonesia Berseri ini bertujuan dalam rangka untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan kesehatan demi terciptanya Indonesia yang bersih sehat, ramah lingkungan, rapi dan indah melalui peran penting anak-anak sekolah sebagai agen perubahan dan peran perempuan sebagai penggerak masyarakat.

Dikatakan Ny.Joko Kirmanto bahwa kondisi kualitas lingkungan masih relative tertinggal jika dibanding dengan negera berkembang lainnya. Dalam rangka mengejar ketertinggalan tersebut lanjut anggota SIKIB ini, berbagai upaya tel;ah dilakukan termasuk dicanangkannya Program Indonesia Berseri oleh Presiden SBY tahun 2012 lalu untuk mewujudkan Indonesia yang bersih, sehat, ramah lingkungan , rapid an indah tersebut.

Pencanangan Gerakan Bersih, Sehat, Ramah Lingkungan, Rapi dan Indah di sekolah yang menjadi sampel yaitu di SD Negeri Sagan, SDN Terbansari, SDN Bumijo, SMP 1 Yogyakarta dan SMP Negeri * Kota Yogyakarta oleh Ny.Joko Kirmanto dengan pemuka selubung papan nama yang bersisi Slogan Ayo Hidup Bersih dan Sehat bersama-sama dengan Ny.Inayati Ali Gufron istri Wakil Menteri Kesehatan RI.

Kegiatan selain diisi dengan berbagai lomba , dalam kesempatan itu panitia juga menyelenggarakan workshop serta peninjauan lapangan ke TPA Piyungan, IPAL Sewon serta PDAM Sleman dalam rangka pengenalan lingkungan kepada peserta.(Kar)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: