10 Jul 2012
  Humas Berita,

Pansus I DPRD Bangka Tengah Timba Ilmu Kearsipan Di DIY

Pansus I DPRD Bangka Tengah Timba Ilmu Kearsipan Di DIY

YOGYAKARTA.(10/07/2012) pemda-diy.go.id Ingin menimba ilmu tentang Raperda Kearsipan dan Pelayanan Publik, Pansus I DPRD Bangka Tengah mengadakan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi DIY, Selasa (10/11).

Ilmu dari DIY ini selanjutnya nanti akan dijadikan bahan pertimbangan di dalam penyusunan Raperda Kerasipan dan Pelayanan Publik di Pemerintah Daerah Bangka Tengah, kata pimpinan rombongan Pansus, Me Hoa, saat diterima di Ops Room, Kepatihan Yogyakarta.

Me Hoa menambahkan, Bangka Tengah merupakan daerah pemekaran termuda di Bangka Belitung tahun 2003 lalu. Maka sehubungan dengan itu Provinsi DIY dipilih sebagai daerah kunjungan kerja, karena memang provinsi ini bisa menjadi contoh teladan.

Kami akui, Provinsi DIY patut menjadi contoh teladan bagi birokrasi. Sejarah kearsipan serta penyelengaraan godgovernance juga sangat baik dan sudah diakui daerah lain bahwa Yogyakarta memang baik dan sangat Istimewa, terang Me Hoa.

Sementara dalam sambutan tertulis penerimaannya, Gubernur DIY Sultan HB X melalui Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setdaprov DIY, Ir. Sigit Haryanta, MT, mengemukakan, seiring dengan perkembangan penerapan teknologi informasi atau otomasi kearsipan, saat ini Pemprov DIY telah menerapkan sistem kearsipan dengan penyediaan khasanah arsip dalam bentuk digital yang dapat diakses masyarakat secara on line. Sedang berkaitan dengan Raperda Pengelolaan Kearsipan di Provinsi DIY lanjutnya, saat ini masih belum dibentuk, namun untuk Raperda Pelayanan Publik masih dalam kajian.

Bahkan tahun 2011 lalu, melalui Badan Perpustakaan Daerah kami melakukan hunting arsip tentang Yogyakarta yang berada di Leiden Belanda untuk melakukan jajak tentang akuisisi ataupun bentuk kerjasamna (MoU) dengan Pemerintah Belanda, agar Pemprov DIY bisa memiliki arsip ataupun salinan arsip yang berada di Belanda tersebut, terang Sultan. (dyk/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: