22 Apr 2014
  Humas Berita,

Pekan Olah Raga Wartawan Daerah Resmi Di Buka Gubernur DIY Sri Sultan HB X

 

 

 

YOGYAKARTA (21/04/2014) portal.jogjaprov.go.id. Di tengah-tengah hiruk pikuknya media memberitakan suasana pasca Pemilu Legislatif 2014 yang berakhir dengan banyaknya berbagai protes di berbagai daerah baik oleh caleg maupun tim suksesnya kepada KPU, semalam (Senin,21/04) di Gelanggang Olah Raga (GOR) Amongrogo,Yogyakarta berlangsung pembukaan Pekan Olah Raga Wartawan Daerah (PORWADA) II oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga dihadiri Petinggi PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, dan Ketua Koni DIY Prabukusumo.

 

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara PORWADA II DIY Tahun 2014 Janu Mulyanto PORWADA ini diikuti oleh 5 kontingen 4 Kabupaten (Sleman, Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul) dan 1 kota Yogyakarta melibatkan kurang lebih 325 atlit, yang mempertandingkan 9 Cabang Olahraga diantaranya (futsal, sepakbola, bulutngakis, bola voli, Tenis lapangan dan billyad dan lain-lain) dan memperebutkan Piala Bergilir yang sebelumnya piala bergilir dipegang PWI Kabupaten Sleman.

 

PORWADA II yang bertemakan Dengan Powada II, Kita Tingkatkan Profesionalisme Wartawan yang Sehat Jasmani dan Rohani, bertujuan untuk memperat tali silaturahim sesama profesi wartawan, juga sebagai ajang seleksi atlit olahraga wartawan untuk Porwanas yang akan di selenggerakan di Provinsi Jawa barat mendatang.

 

Sihono selaku Ketua SIWO PWI Yogyakarta dalam sambutannya semalam menyatakan bahwa pada kenyataan jika fisik yang sehat itu bisa mempengaruhi karya-karya yang dihasilkan oleh wartawan. Oleh karena itu badan yang sehat akan menghasilkan karya yang sehat pula. Karya yang sehat akan bisa menginspirasi masyarakat luas untuk menjadi lebih baik.

 

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ketika membuka PORWADA II DIY Tahun 2014 semalam antara lain mengatakan bahwa wartawan yang sehat akan menghasilkan karya yang hebat . bahkan menurut Sultan ada pepatah latin yang mengatakan mensana in corpure sano dalam jiwa yang kuat terdapat tubuh yang sehat, begitu pula sebaliknya pada syair lagu kumandang Indonesia raya bangunlah jiwanya bangunlah badannya,

 

Sesuai dengan Tema PORWADA II Dengan Powada II, Kita Tingkatkan Profesionalisme Wartawan yang Sehat Jasmani dan Rohani. Pada gilirannya akan membangkitkan jiwa yang jernih sehingga dapat diekpresikan pada karya tulis yang bersih dari kepentingan. Dengan demikian bisa diharapkan tersajikannya informasi berita yang obyektif, berimbang tanpa tendensi negative.

 

Dibagian lain Sultan menyatakan bahwa PORWADA II sebagai ajang seleksi menuju Porwanas XII mendatang, sebagai pemanduan bakat untuk seleksi hendaknya lebih mementingkan mempererat tali silahtuurahim serta kebersamaan antar wartawan . Dengan semangat seperti itu Sultan mengharapkan sebagai wartawan dapat menuangkan tulisan humanis, yang menggugah nurani , sehingga mampu melahirkan puisi-puisi kehidupan jauh dari Situasi negatif tetapi dekat dengan empati masyarakat. Disinilah ungkapan batin akan menemukan pembenaran . Karena wartawan yang sehat nalar ,sehat jasmani ,akan mampu membuka ruang diskursus yang menyehatkan pula bagi masyarakat pembacanya.

 

Turut hadir dalam pembukaan PORWADA II Yogyakarta tersebut Sekjen Kemenpora dan acara dimeriahkan berbagai atraksi kesenian Angguk dari Sukoreno,Sentolo, Jathilan Kreasi Cahyo Mudo, Senam dan Drum Band dari UMY Yogyakarta.

 

Pembukaan PORWADA II Yogyakarta oleh Gubernur DIY selain ditandai dengan Pemukulan bende dengan penyerahan kembali Piala Bergilir dari Kontingen Bertahan PWI Kabupaten Sleman Kepada Gubernur DIY, yang selanjutnya oleh Gubernur diserahkan kepada Ketua Panitia Penyelenggara PORWADA II untuk diperebutkan kembali. (kar/skm)

 

 

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: