12 Okt 2011
  Humas Berita,

Pemprov DIY Luncurkan Web Baru Portal.jogjaprov.go.id

Pemprov DIY Luncurkan Web BaruPortal.jogjaprov.go.id

Asisten Perekonomian dan Pembangunan  dr.Andung Prihadi.S.,M.Kes atas nama Gubernur DIY meresmikan Portal web dengan pemukulan gong Yogyakarta (11/10/2011) Jogjaprov.go.id. Dalam rangka manifestasi tranformasi model kepemerintahan menuju konsep model pemerintahan yang lebih berorientasi kepada masyarakat (citizen centric) mulai hari ini (Selasa,11/10) Pemerintah Provinsi DIY me-Launching Web Portal .Jogjaprov.go.id dan Layanan M-transport DIY oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr.Andung Prihadi.S.,M.Kes atas nama Gubernur DIY di Hotel Quality, Yogyakarta.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Provinsi DIY. Ir. Tjipto Haribowo menyatakan bahwa sesuai dengan makna pokok dari Blueprint Jogja Cyber Province sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur DIY Nomor:42 Tahun 2006 tentang Blueprint Jogja Cyber Province Pemda Provinsi DIY dan pengembangan Digitel Governent Services (DGS) yaitu berorientasi kepada masyarakat (citizen centric) yang dimaknai bahwa pemerintahan harus dapat memberikan layanan bagi masyarakat dalam rangka pemberdayaan untuk meningkatkan daya saing dan taraf hidup masyarakat.

Dijelaskan Kepala Dinas Dinas Perhubungan, Komunikasi Dan Informatika Provinsi DIY Ir. Tjipto Haribowo bahwa perubahan cara pandang dan cara pendekatan layanan, kemudian menjadi landasan perlunya perubahan site map dari website Pemerintah Provinsi DIY yang cenderung masih government service menjadi portal Pemerintah Provinsi DIY, dan Portal ini sekaligus diharapkan akan menjadi gateway (gerbang utama) berbagai layanan berbasis TIK di Pemerintah Provinsi DIY yang jumlahnya sekitar 50 website yang tersebar di tiap-tiap SKPD dan UPTD. Dengan demikian masyarakat tidak akan tersesat dalam pencarian informasinya, karena dari portal ini disediakan fasilitas linksite yang akan di-direct ke website-website SKPD dan UPTD sesuai dengan segmen-segmen yang terlah tersedia di halaman portal.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan HB X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi DIY dr. Andung Prihadi.S.,M.Kes antara lain mengatakan bahwa tuntutan akan adanya pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat mengharuskan pemerintah daerah untuk segera melaksanakan proses transformasi menuju e-government. Optimalisasi pemanfaatan sekat-sekat organisasi dan birokrasi serta membentuk jaringan system manajemen kerja yang memungkinkan setiap instansi pemerintah bekerja secara lebih optimal dan terpadu.

Namun demikian untuk mewujudkan kondisi tersebut menurut Gubernur DIY bukan sesuatu yang mudah, tetapi dibutuhkan komitment yang kuat di masing-masing instansi agar proses transformasi menuju e-government dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Dilain pihak juga dibutuhkanadanya kebijakan, kelembagaan, infrastruktur (hardware/software) yang mendukung pengembangan e-government, agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Sehubungan dengan hal tersebut dalam kesempatan itu Gubernur DIY melalui Andung Prihadi S. mengharapkan di Launchingnya web portal jogjaprov.go.id tersebut benar-benar bisa menjadi salah satu kanal pelayanan public berbasis TIK di Pemerintah Provinsi DIY yang dapat melayani kebutuhan akan adanya data/informasi yang akurat, efektif,cepat, efisien bagi masyarakat.

Selin itu juga selepas launching portal ini bagaimana agar web portal jogjaprov.go.id dapat dikelola dengan baik agar setiap data/informasi yang ditayangkan senantiasa tetap akurat, up to date, inovatif dan senantiasa dapat menjawab segala tuntutan akan pelayanan data dan informasi bagi masyarakat.

Portal. Jogjaprov.go.id dengan paradigma pelayanan berbasis citizen centric atau pelayanan berdasarkan kebutuhan masyarakat ini harapan Gubernur DIY hendaknya bisa dijadikan rujukan bagi setiap pelayanan publik yang ada di Pemerintah Provinsi DIY, yaitu agar nantinya setiap pelayanan publik dapat dibangun atas dasar aspirasi dan keinginanmasyarakat, sehingga pada akhirnya mampu memberikan manfaat seoptimal mungkin bagi masyarakat.

Turut menyaksikan Launching Portal. Jogjaprov.go.id dan Layanan M-Transport DIY yang ditandai dengan pemukulan bende dan pembukaan layanan Portal oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi DIY dr.Andung Prihadi,S,M.Kes pejabat dari Humas dan kantor Informasi Kabupaten Kota se DIY, Humas atau bagian TI SKPD-SKPD se Provinsi DIY serta anggota DPRD DIY.

Usai Launching Portal.j Jgjaprov.go.id dan Layanan M-Transport DIY dilanjutkan dialog dan Diskusi dengan Nara Sumber yaitu Prof.Dr. Achmad Djunaedi.MUP dari UGM.(Kar ****...)

HUMAS Ro UHP Provinsi DIY

Bagaimana kualitas berita ini: