07 Feb 2022

Pengembangan Keolahragaan DIY Perlu Kebijakan Otda

Yogyakarta (05/02/2022) jogjaprov.go.id - Sistem pengelolaan, pembinaan dan pengembangan keolahragaan di DIY perlu diatur dengan semangat kebijakan otonomi daerah (otda). Hal ini penting guna mewujudkan kemampuan daerah dan masyarakatnya untuk mampu secara mandiri mengembangkan kegiatan keolahragaan.

Demikian yang disampaikan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X secara virtual dalam Rapat Kerja Daerah Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (Rakerda KONI DIY) Tahun 2022 pada Sabtu (05/02). Bertempat di Hotel Tara Yogyakarta, Rakerda KONI DIY dihadiri oleh Asisten Bidang Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Setda DIY, Aris Riyanta sebagai wakil Pemda DIY.

“Pembinaan keolahragaan tidak dapat lagi ditangani secara sekadarnya, tetapi harus ditangani secara profesional. Pengembangan inovasi secara integratif yang melibatkan teknologi di era yang serba digital ini juga hendaknya dilakukan, sehingga pembinaan keolahragaan pada akhirnya mampu mengakselerasi peningkatan prestasi olahraga,” ungkap Sri Sultan.

Sri Sultan pun mengatakan, penggalangan sumber daya untuk pembinaan dan pengembangan keolahragaan juga harus dilakukan melalui pengembangan hubungan kerja dengan berbagai pihak terkait secara harmonis, terbuka, timbal balik, sinergis dan saling menguntungkan. Prinsip transparansi dan akuntabilitas juga harus dikedepankan.

“Hal ini guna mendorong ketersediaan informasi yang dapat diakses, sehingga memberikan peluang bagi semua pihak untuk berperan serta dalam kegiatan keolahragaan. Ini sekaligus memungkinkan berjalannya mekanisme kontrol untuk menghindari kekurangan dan penyimpangan sehingga tujuan dan sarana keolahragaan akan dapat tercapai dengan baik,” papar Sri Sultan.

Terkait Rakerda KONI DIY 2022, Sri Sultan berpesan agar Rakerda kali ini bisa menjadi momentum untuk bertukar pendapat dan pikirannya agar menghasilkan kesepakatan yang disetujui oleh seluruh komponen organisasi dan bisa segera direalisasikan. “Semoga KONI DIY beserta komponen organisasi lainnya dapat mengabdi dan bekerja secara profesional dalam meningkatkan prestasi olahraga di DIY, pada setiap kejuaraan di tingkat regional, nasional, maupun internasional,” ujar Sri Sultan.

Sementara itu, Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto mengucapkan terima kasih berkat dukungan dari Pemda DIY dan seluruh anggota KONI DIY membuat berbagai program kerja KONI DIY Tahun 2021 dapat terlaksana. Terkait dengan keikutsertaan DIY di PON XX Papua pada bulan Oktober tahun 2021 lalu, kontingen DIY mampu meraih 8 medali emas, 12 perak, dan 18 perunggu dari 18 cabang olahraga.

“Untuk itu izinkan kami menghaturkan apresiasi dan terima kasih kepada para atlet dan pelatih yang telah berjuang dan bekerja keras dengan jiwa sportif. Juga kami ucapkan terima kasih tak terhingga kepada Pemda DIY, KONI Kabupaten/Kota, pengkab/pengkot, klub, cabor, tim medis, tim pengamanan dari Polda DIY, mitra dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, dari persiapan hingga selesainya PON XX Papua lalu,” kata Djoko. (Rt)

HUMAS DIY

Sumber Foto : Bidang Promosi, Media dan Humas KONI DIY

Bagaimana kualitas berita ini: