23 Apr 2018
  Humas Berita,

Perempuan Merupakan Tokoh Sentral Dalam Pembentukan Karakter Bangsa

YOGYAKARTA (23/04/2018) Jogjaprov.go.id “Perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang luar biasa besar dalam membentuk karakter bangsa.” Demikian disampaikan oleh Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda DIY, Ir Gatot Saptadi, MT., pada Puncak Peringatan Hari Kartini DIY tahun 2018, yang berlangsung di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada Senin, (23/04) pagi.

Selanjutnya, kemampuan inilah yang kemudian mendasari perjuangan RA Kartini untuk memperjuangkan hak-hak perempuan sehingga mampu memberikan perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat terutama terkait posisi wanita. Sehingga kini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia hebat yang tidak hanya berposisi sebagai ibu rumah tangga tetapi juga mampu berposisi yang memberikan warna dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui berbagai bidang dan kegiatan.

Terkait dengan tema peringatan tahun ini, Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Peran Ibu Sebagai Pendidik Pertama Dan Utama Dalam Keluarga, Gubernur DIY menganggap hal tersebut relevan dengan kondisi remaja sekarang, karena marak terjadi kenakalan remaja yang menjurus ke kriminalitas. Sehingga kesiapan ibu yang merupakan sekolah pertama bagi anak sangat penting karena mempengaruhi proses pembelajaran anak yang diasuhnya.

Sehingga Gubernur DIY pun berharap agar Peringatan Hari Kartini dapat menjadi momentum kebangkitan kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di DIY khususnya dalam mengantarkan generasi penerus menjadi generasi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan menjadi kebanggaan kita bersama.

Dalam rangka Peringatan Hari Kartini 2018, sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini 2018, Dessy M Zamroni, telah digelar bermacam kegiatan, antara lain pada 27 Februari 2018 berupa Donor Darah di Aula Makorem 072 Pmk dengan diikuti 150 orang peserta dan Bakti Sosial Pemberian Bingkisan di halaman Makorem 072 Pmk kepada 100 orang tukang becak dan buruh gendong. Selanjutnya pada 14 Maret 2018 dilaksanakan Senam Massal di Batalyon 403 dengan peserta sebanyak 400 orang perwakilan dari lima komponen organisasi wanita, Dharma Pertiwi, DWP, BKOW, Bhayangkari dan TP PKK serta Lomba Menghias Tumpeng, Lomba Mewarnai Tingkat SD, Lomba Ibu Bercerita, dilanjutkan dengan Dialog Interaktif yang dilaksanakan pada 12 April 2018 Jogja TV, serta Sarasehan pada 17 April 2018 di Gedhong Pracimosono Kepatihan.

GKBRAy Paku Alam X turut hadir dalam acara ini, dan bersama dengan Sekda DIY, berkesempatan membagikan hadiah secara langsung pada para pemenang Lomba Menghias Tumpeng, Lomba Bercerita dan Lomba Mewarnai. Untuk juara I Lomba Menghias Tumpeng diraih oleh Tim 3 Bhayangkari, kemudian untuk juara I Lomba Bercerita diraih oleh BKOW dan juara I Lomba Mewarnai direbut oleh TP PKK DIY.

Acara peringatan juga dimeriahkan oleh atraksi Angklung Anak TK Kartika III-34, Tari Wira Pertiwi dari Jalasenastri, Tari Kun Anta Java dari PIA Ardhya Garini dan Penampilan Juara I Lomba Ibu Bercerita.

TIM HUMAS DIY.

 

Bagaimana kualitas berita ini: