01 Okt 2013
  Humas Berita,

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2013 Tingkat DIY Sederhana dan Khidmad

 

 

 

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2013 Tingkat DIY Sederhana dan Khidmad

 

 

YOGYAKARTA (01/10/2013) portal.jogjaprov.go.id - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta 1 Oktober 2013 yang yang bertemakan "Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa" di pusatkan di Manumen Pancasila Kentungan, Ngaglik, Kabupaten Sleman dengan Inspektur Upacara Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

 

Upacara Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang peristiwa gugurnya 9 putra terbaik Bangsa yaitu 7 Pahlawan di Jakarta (Jendral TNI. Anumerta Ahmad Yani, Kapten P.A.Tendean, Mayjen Donald Isac Panjaitan, Letnan Jenderal Anumerta S. Parman, Letjen Anumerta Suprapto, Letjen Anumerta.MT.Haryono, Mayjen TYNI Anumerta Sutoyo Siswomihardjo) dan 2 Pahlawan di Yogyakarta yaitu Brigjen Katamso dan Kol. Sugiyono. Acara tersebut dilaksanakan sederhana namun khidmad.

 

Menandai Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat DIY Tahun 2013 diawali dengan Mengheningkan cipta untuk mengenang dan mendoakan para pahlawan bangsa dilanjutkan Pembacaan Teks Pancasila oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Pembacaan Ikrar oleh Ketua DPRD DIY Yoeke Agung Indra Laksana, Pembacaan UUD 1945 dan Pembacaan Doa oleh Petugas.

 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, Bupati Sleman Drs.H.Sri Purnomo, Para Petinggi dan Pejabat TNI/Polri Tingkat DIY, Pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah se DIY serta diikuti Pasukan TNI dari ketiga angkatan,Taruna TNI, Polri, Sat Pol.PP, PNS, Mahasiswa, Pramuka, Pelkajar dan Organisasi Kepemudaan DIY dengan Komandan Upacara Mayor Sus Andri Sudjatmiko dari Lanud Adisucipto, Yogyakarta.

 

Rangkaian Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diakhiri dengan peninjauan Monumen Pancasila serta Museum oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang didampingi segenap pejabat TNI/Polri di DIY dan undangan.

 

Sementara itu di Halaman Kepatihan Yogyakarta, karyawan dan karyawati di lingkungan Pemda DIY juga melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pancasila, dengan Inspektur upacara Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda DIY, Drs.Sulistyo. CN, SH, Msi dengan ajudan Sarjuni, SH dari Biro Umum Humas dan Protokol Setda DIY. Tidak ada sambutan tertulis yang dibacakan pada Upacara Hapsak pagi ini (Selasa,01/10), namun Inspektur upacara hanya membacakan Teks Pancasila yang ditirukan oleh segenap peserta upacara dan acara diawali dengan mengheningkan cipta bersama.

 

Sedangkan Pembacaan UUD 1945 oleh Dra. Makrina Kristiana dari Biro Administrasi Perekonomian; Pembacaan Ikrar oleh Hari Edi Tri Wahyu Nugroho, SIP, Msi dari Biro Tata Pemerintahan dan Pembacaan doa oleh Drs.Sugeng Irianto M.Kes dari Biro Kesra Setda DIY.

 

Adapun bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Drs.Noviar Rahmad, Msi. Sedangkan komandan kompi dipimpin oleh: Agus Budi Prasetyo, SH. M Hum, dari BKPM; Drs. Wahyu Budi Nugroho, MT dari Biro Administrasi Pembangunan serta Iswanto, SIP dari Biro UHP. Sebagai Master of Ceremony kegiatan ini adalah Drs.Biwara Yuswantana, MSi dari BAPPEDA DIY. (kar/teb).

 

 

 

HUMAS DIY

 

 

Bagaimana kualitas berita ini: