10 Nov 2011
  Humas Berita,

Peringati Hari Pahlawan 2011 Karyawan/Wati Pemprov DIY Heningkan Cipta 10 Detik

Peringati Hari Pahlawan 2011 Karyawan/Wati Pemprov DIY Heningkan Cipta 10 Detik

 

Kepatihan,Yogyakarta(10/11/2011) Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. Dan hanya itulah salah satu bentuk penghargaan kita atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang pendahulu kita.

Demikian ditegaskan Menteri Sosial RI Dr.Salim Segaf Al-Jufri,MA dalam sambutan tertulisnya ayang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi DIY Drs.H.Sigit Saptarahardjo.MM pada upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November tahun 2010 dihalaman Kantor Gubernuran DIY di Kepatihan,Yogyakarta yang diikuti Karyawan/Karyawati dilingkungan Pemerintah Provinsi DIY.

Menurut Mensos bahwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang merupakan rangkaian perjuangan panjang bangsa Indonesia adalah merupakan peristiwa heroic karena memerlukan pengorbanan luar biasa para pendahulu negara baik jiwa, raga maupun harta dalam merebut dan mempertahankan Republik Indonesia dan kemudian peristiwa tersebut di peringati sebagai Hari Pahlawan.

Untuk itu lanjut Mensos untuk mengenang jasa dan pengornan para pahlawan tersebut kita harus menumbuhkembanghkan nilai-nilai kepahlawanan kita sebagai modal sosial untuk kemudian mengimpleementasikan danmendayagunakan dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainnya.

Semengat kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pahlawan pertembpuran 10 November ajak Dr.Salim Segaf Al-Jufri,MA melalui sambutan yang dibacakan dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi DIY Drs.H.Sigit Saptarahardjo.MM hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi serta sumber dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI.

Dengan tema Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Bangun Karakter Bangsa kiranya dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mengayagunakan sikap dan perilaku para pahlawan Kusuma Bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa berdasarkan Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini Menteri Sosial RI mengharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan energi penggerak kemajuan bangsa sehingga bangsa Indonesia tidak terombang-ambing dan kehilangan arah ditengah dersnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan baik yang berasalo dari dalam maupun dari luar.

Mengakhiri sambutannya pada Upacara Peringatan hari Pahlawan tersebut Dr.Salim Segaf Al-Jufri,MA mengajak bangsa Indonesia untuk menggelorakan semangat Kepahlkawanan dengan dilandasi nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial yang tinggi serta kita rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain serta keutuhan NKRI dapat terus terjaga.

Menandai Peringatan Hari Pahlawan selain pembacaan Teks Pancasila,UUD 1945,Pembacaan Pesan-pesan para Pahlawan juga ditandai dengan mengheningkan cipta selama sepuluh detik yang diikuti seluruh peserta upacara.(Kar)

HUMAS Ro UHP Provinsi DIY

Bagaimana kualitas berita ini: