30 Sep 2023

Persatuan Bangsa Wujud Demokrasi Pancasila

Sleman (30/09/2023).jogjaprov.go.id_Hari Kesaktian Pancasila merupakan salah satu momen penting dalam rangkaian sejarah bangsa Indonesia. Pada hari ini, 58 tahun lalu, Pancasila menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan nilai-nilai yang menjadi pondasi dari negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menyelenggarakan agenda Tirakatan, bertempat di Monumen Pancasila, Kentungan pada Sabtu (30/09). Pada acara yang dihadiri oleh Plt Asisten Sekda DIY bidang pemerintahan dan administrasi umum, Dewo Isnubroto, bersama Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat, dan Protokol Setda DIY, Imam Pratnadi serta ahli waris keluarga pahlawan Brigjen Anumerta Katamso dan keluarga Pahlawan Kolonel Infanteri Anumerta Sugiono ini, dilaksanakan kenduri, teatrikal, pemotongan tumpeng dan dialog dengan narasumber. 

Berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 27 September 1967 ditetapkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober. Dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai bagian dari bangsa Indonesia turut serta memperingati Hari Kesaktian Pancasila, salah satunya dengan mengadakan tirakatan dan upacara yang dilaksanakan pada setiap kantor lembaga dan satuan pendidikan.

Dalam sambutannya, plt Asisten Setda DIY Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum menyampaikan bahwa kita harus terus berupaya memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga Pancasila bukan hanya menjadi semboyan, tetapi menjadi panduan di dalam tindak-tanduk kita dalam menyelenggarakan kehidupan berbangsa bernegara dan bermasyarakat.

Berbagai perilaku politik ideal yang membedakan banyak masyarakat adat disebut demokrasi pancasila. Karena Pancasila diciptakan dengan tujuan untuk memupuk persatuan, kekompakan, dan konsensus di antara anak-anak bangsa, maka Pancasila muncul dari sifat khas bangsa Indonesia.

"Ideologi yang berguna untuk mengatasi permasalahan yang disebabkan oleh keberagaman adalah pancasila. sehingga penyelesaian yang penuh hormat dan damai dapat dicapai. Karena Pancasila didasarkan pada cita-cita yang sungguh-sungguh ada dalam masyarakat dan dibangun berdasarkan asas musyawarah dan mufakat" ungkap Dewo.

Sementara itu, Kepala Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY, Drs. Imam Pratanadi, M.T. dalam sambutannya mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini mengusung tema “Pancasila Sebagai Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Maju”, dengan dasar penyelenggaraan sebagai berikut:
1. Surat menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI, perihal penyelenggaraan upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila tahun 2023.
2. Pedoman penyelenggaraan peringatan hari kesaktian pancasila th 2023 oleh Kemendikbud Ristek RI.
3. Keputusan Gubernur DIY, No.31328/MPK.F/TU.02.03/2023 tentang pembentukan panitia peringatan hari kesaktian pancasila tahun 2023 Daerah Istimewa Yogyakarta

Acara tirakatan yang berlangsung dengan khidmat ini ditutup dengan dialog antara para tamu undangan, peserta tirakatan dengan narasumber.  (Vn/Rcd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: