19 Nov 2012
  Humas Berita,

Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Yogyakarta Dikukuhkan

Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Yogyakarta Dikukuhkan


YOGYAKARTA, (19/11/2012) prmda-diy.go.id. Insinyur sebagai seorang professional haruslah mampu mempertahankan idealism yang menyatakan bahwa keahlian profesi yang dikuasainya merupakan sebuah kebajikan yang hendak diabadikan demi semata-mata untuk kesejehteraan bersama, dengan melakukan kegiatan-kegiatan kerja tertentu dalam masyarakat dan berbekal keahlian yang tinggi serta berdasarkan pada rasa keterpanggilan untuk pengabdian pada masyarakat.


Sehubungan dengan hal tersebut Profesi insinyur dapat membuka dan meningkatkan akses tekhnologi dan infrastruktur baik di kota maupun di pedesaan serta dapat menyatukan visi dengan pemerintah daerah. Dalam upaya membenahi permasalahan tekhnologi dan infrastruktur di daerah, dapat menjembatani kebutuhan tekhnologi dan infrastruktur dengan pemerintah dan juga dapat membangun partisipasi aktif masyarakat dalam membantu menangani permasalahan tekhnologi dan proyek infrastruktur di daerah.


Demikian keynote Speech tertulis Gubernur DIY Hamengku Buwono X yang disampaikan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX dalam sarasehan Persatuan Insinur Indonesia ( PII) Wilayah daerah Istimewa Yogyakarta sekaligus pengukuhan Pengurus PII Wilayah DIY dan Cabang PII Kota Yogyakarta, Cabang Sleman, Bantul , tadi pagi (Senin,19/11) di Gedung Pracimosono,Kepatihan,Yogyakarta.


Menurut Gubernur DIY pembenahan permasalahan tekhnologi dan proyek infrastruktur tersebut disampaikan karena Pemerintah DIY yang bersifat katalistik, saat ini telah memposisikan peran barunya yaitu akan lebih diarahkan sebagai pengatur dan pengendali, dari pada sebagai pelaksana langsung suatu urusan atau layanan, dan ini didasarkan pada pengalaman bahwa jika urusan-urusan yang dapat diselenggarakan sendiri oleh masyarakat, namun tetap diselenggarakan oleh pemerintah, maka akan menimbulkan ketergantungan kepada pemerintah, sehingga kreatifitas dan semangat inovasi masyarakat maupun individu anggota masyarakat menjadi lemah.


Sementara itu Wakil Ketua Persatauan Insinyur Indonesia (PII) Pusat Ir. Boby Gafur Umar seusai mengukuhkan Pengurus PII Wilayah Daerah istimewa Yogyakarta dan cabang Kota Yogyakarta, Cabang Sleman, Bantul ,Kulonprogo dan Gunungkidul menyatakan bahwa seusai disayahkannya RUUK menjadi Undang-undung Kesitimewaan Yogyakarta segenap PII baik Pusat,Daerah dengan komitmen yang tinggi mendukung Undang-undang Pemerintah setempat. Berkaitan dengan hal tersebut sejalan dengan Pesan Gubernur DIY Hamengku Buwono X bahwa bagaimana PII bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan di DIY .


Dengan usia PII yang telah berusia 60 tahun tandas Boby Gafur Umar bagimana kedepan PII bisa melakukan terobosan-terobosan dan berpartsipasi serta menjadi mitra pemerintah baik pusat maupun daerah termasuk dengan DIY . Apalagi PII di daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan tempat terhormat di DIY bahkan harapan Gubernur DIY bisa kiranya dijalin kerjasama yang intens dengan adanya penandatangan MoU antara PII dengan pemerintah DIY, tandas Boby .


Dibagian lain Wakil Ketua Umum PII mengatakan bahwa secara makro Indonesia merupakan suatu Negara yang indah sehinggaa menjadi incaran investor dari luar. Karena tidak banyak Negara yang sekondusif Indonesia sehingga bisa tumbuh 6 persen. Indonesai tahun 2011 menurut Boby Gafur Umar tumbuh 6,3 persen dan tahun 2012 ini diperkirakana akan tunbuh diatas itu.


Disamping itu lanjut Wakil Ketua PII Indonesia mempunyai market yang cukup besar dengan populasi pertumbuhan penduduk yang telah mencapai 240 juta lebih dan di kawasan ASEAN yang tumbuh lebih dari 500 juta populasi dan ini merupakan market yang cukup besar, sehingga menjadikan Indonesia menjadi strategis mata Internasional . Disisi lain Indonesia tahun lalu sudah mencapai pendapatan perkapita lebih dari $ 3500 USA perpenduduknya. Dan ditahun 2012 ini dapat menembuh angka $ 4300 USA lebih, maka Indonesia akan mempunyai peran ekonomi yangs sangat kuat . Dengan peran tersebut pemerintah bisa mengambil peran strategisnya .


Sarasehan Insinyur Indonesia dan Pengukuhan Pengurus PII DIY dalammenyosngong RUU ke Insinyuran Indonesia dengan mengambil Tema Kontribusi Insinyur Untuk Keistimewaan menghadirkan nara sumber Tim RUU Keinsinyuran Tim baleg DPR-RI, Tim RUU Keinsinyuran PII, Staf Ahli Gubernur DIY, Dekan Fakultas Tekhnik UGM,Yogyakarta, dan Dewan Riset DIY.


Adapun Susunan Pengurus PII Wilayah DIY yang dikukukhkan Wakil ketua PII Boby Gafur Umar terdiri Ir. Akhmad Suraj,MT,Ph.D selaku Ketua PII DIY dan Wakilnya Ir.Adang P.Widagdo. Ir. Supriyo.MM Ketua PII Sleman, Ir.Toriq A.Guzdewan MSCE Ketua PII Bantul,


(Kar/rsd


HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: