12 Jun 2014
  Humas Berita,

Praktikum Prodi Administrasi Pemerintahan UNPAD ke Pemda DIY

 

YOGYAKARTA (12/06/2014) portal.jogjaprov.go.id Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan yang sangat luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karenanya pemerintah memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

 

Demikian sambuatan tertulis Gubernur DIY, yang disampaikan oleh Kepala Biro Organisasi Setda DIY, Drs. Djarot Budiharjo saat menerima kunjungan lapangan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Administrasi Pemerintahan Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pajajaran Bandung, ke Pemda DIY, HARI Kamis (12/06) di Gedung Unit IX Kepatihan Yogyakarta.

 

Sementara itu pimpinan rombongan Drs. D Acep Jatmiko, menjelaskan setelah mahasiswa program diploma III ini melaksanakan kunjungan praktikum di Pemda DIY, maka akan dilaksanakan survey index kepuasan masyarakat atas layanan pemerintah, sehingga pada saatnya nanti apabila menjadi pelayan masyarakat akan mendapat gambaran dalam melakukan pelayanan masyarakat.

 

Ditambahkan oleh Gubernur DIY, mengenai peningkatan kulaitas pelayanan publik mutlak diperlukan mengingat kondisi sosial masyarakat yang semakin baik, sehingga mampu merespon setiap penyimpangan dalam pelayanan publik dengan gerakan, maupun tuntutan melalui media cetak dan elektronik.

 

Saat ini masyarakat juga semakin sadar apa yang menjadi hak dan kewajibannya sebagai warga Negara dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Masyarakat semakin berani untuk mengontrol apa yang dilakukan pemerintahannya, tegas Gubernur.

 

Pelayanan publik oleh birokrasi publik merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur Negara sebagai abdi masyarakat disamping sebagai abdi Negara untuk menyejahterakan masyarakat.Oleh sebab itu, peayanan publik harus dilakukan secara professional sehingga mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat mengembangkan kemampuan dan kretiafitasnya untuk mengatur dan menentukan masa depannya sendiri.

 

Dalam kesempatan yang sama pula Gubernur DIY menjelaskan bahwa, fokus utama dalam etika pelayanan publik adalah apakah aparatur pelayanan publik telah mengambil keputusan dan berperilaku yang dapat dibenarkan dari sudut pandang etika, sehingga pada akhirnya yang diharapkan masyarakat adalah mendapatkan kepuasan dari pemerintah melalui pelayanan publik yang mengedepankan etika profesi.

 

Dalam kesempatan itu Kepala Biro Organisasi Setda DIY juga menyampaikan bahwa dalam kunjungan pratikum tersebut dapat mempunyai kesan tersendiri, sehingga diharapkan para tamu akan rindu kembali untuk datang ke Yogyakarta.

 

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dari mahasiswa dengan pejabat pemda DIY, untuk mendapatkan informasi tentang pelayanan publik di pemda DIY. (teb/skm)

 

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: