09 Jul 2012
  Humas Berita,

Presiden Ceko Vaclav Klaus Kagumi Kraton Yogyakarta

Presiden Ceko Vaclav Klaus Kagumi Kraton Yogyakarta

 

KRATON YOGYAKARTA (8/07/2012)pemda-diy.go.id. Tepat pukul 16.00 WIB sore tadi (Minggu,8/7) Presiden Ceko Vaclav Klaus yang ddampingi Ibu Negara Livia Klausova tiba di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan diterima Sri Sultan Hamengku Buwono X yang juga didampingi permaisuri GKR Hemas, GKR Maduretno beserta suami KPH.Purbadingrat,GKR Bendoro serta Rayi dalem GBPH.Cakraningart di Regol Dono Pertopo.

Sebagai ucapan selamat datangnya di Kraton Yogyakarta GKR Hemas menyerahkan kain batik kepada Ibu Negara Ceko Livia Klausova sekaligus sebagai cindera mata.

Presiden Ceko yang didampingi Menteri Lingkungan Hidup Ceko Tom Chalupa, dan 17 orang Pengusaha Ceko setelah diterima Sri Sultan langsung menuju Tratag Proyekso diterima GBPH Yudhaningrat serta disambut dengan iringan bunyi gending Monggang untuk menyaksikan Koleksi Musium Kraton perlengkapan jumenengan (penobatan raja), terdiri atas banyak, dalang, sawung, galing, hardawalika, kutuk, kandil, kacu mas, dan cepuri yang dibuat dari bahan kuningan sehingga semua peralatan tersebut berwarna kuning keemasan.

Benda-benda tersebut mengisi musian yang maknanya secara simbolis adalah menggambarkan sifat-sifat raja yang arif dan bijaksana, koleksi peralatan jumenengan ini oleh abdi dalem perawatannya diperlakukan secara khusus,

Presiden dari awal memasuki Kraton hingga melihat koleksi museum Kraton tersebut tampak sekali kekagumnnya dengan antusias minte penjelasan Sultan terkait dengan barang-barang yanga da di museum tersebut.

Hal ini terbukti ketika rombongan Presiden Ceko Vaclav Klaus mau meninggalkan Kompleks Bangsal Kencono untuk keluar, tiba-tiba Presiden belok arah ingin melihat dengan seksama dibangsal Mandolosono dimana tempat itu untuk menabuh gamelan yang menghasilkan gending Monggang oleh Abdi Dalem Kraton Yogyakarta.

Tampat hadir mendampingi Kunjungan Presiden Ceko tersebut Menpora Andi Malarangeng serta staf Kemlu Indonesia.

Setelah puas melakukan kunjungan Kehormatan dan dialog pada Raja Yogyakarta Sri Sultan HB X tersebut rombongan Presiden Ceko meninggalkan Kraton Yogyakarta tepat pukul 17.05 WIB langsung ke bandara Adisucipto Yogyakarta menuju Jakarta dan akan bertemu dengan Presiden SBY. (Kar/rsd)

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: