28 Mei 2012
  Humas Berita,

Presiden dan Ibu Negara Ani Yudoyono Ramaikan Interhash Di Borobudur

Presiden dan Ibu Negara Ani Yudoyono Ramaikan Interhash Di Borobudur

Magelang,26/5/2012) pemda-diy,go,id, - TUJUH RIBU orang yang berasal dari 50 negara darin 90 anggota Internasional Hash di seluruh Dunia telah hadir di Prambanan dan Borobudur dalam rangka kegiatan Borobudur Interhash 2012 yang menempuh jarak 4,25 kilometer disekitar Borobudur yang startnya dilakukan di lapangan Tuk Sono Borobudur,Kabupaten Magelang,Jawa Tengah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di sela-sela persiapan Start Interhash di Borobudur tadi pagi (Sabtu,26/05) di Lapangan Tuk Sono, Borobudur, Magelang kepada para wartawan yang mewawancarainya terkait dengan penyelenggaraan Interhash ini menyatakan bahwa Anggota internasional Hash diseluruh Dunia berjumlah 90 negara hadir di Borobudur ini 50 negara dan Borobudur dan Prambanan sebagai ajang interhash ini merupkan daerah ini salah satu daerah untuk Destisinasi Wisata di Indonesia dimana Borobudur dan Prambanan di samping wilayahnya sangat unik dan bagus juga mempunyai sejarah, Budaya,alamnya menarik karena diapit dari lima pegunungan, ada sawah, ada maasyaraakat tradisional jadi semuanya ada dan kita bisa menunjukkan banyak hal termasuk nanti akan melintasi desa-desa yng tradisinya masih asli, apakah tarian, makanan tradisionalnya.

Menurut mantan menteri pedagangan dengan digelarnya Interhash 2012 ini merupakan moment yang baik dan diluar itu kita bisa menunjukakkan sebagai penyelenggara yang luar biasa baiknya.Karena mereka datang, masuk hotel dan mengikuti Interhash ini dijemput hingga pulanganya dilayani dengan baik sejak dari Pembukaan kemarin malam di lapangan Brahma Prambanan hingga hari ini puncak hashnya. Dan event Interhash ini akan diselanggarakan setiap 2 tahun sekali secara bergiliran bagi negera anggota dan Indonesia telah dua kali menjadi penyelenggara 20 tahun yang lalu di Bali. Disamping itu bukan hanya Interhash ini kegiatan yang sifatnya Internasional tetapi baanyak kegiatan yang lain seperti Tour de the Singkarak dan olahraga lainnya.

Dengan event-event internasiopnal tersebut secara tidak langsung telah mempromosikan destinasi wisata di Indonesia di luar Bali, karena memang Bali telah dikenal lebih jauh oleh Dunia. Disinggung dari target Destisinasi tahun 2012 berapa ? menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan bahwa tahun ini targetnya 8 juta wisman dan untuk kuartal pertama sudaha hampir 2 juta wisman. Saya cukup optimis bahwa 8 juta bisa tercapai karena bisanya kunjungan Wisman tersbut bulan Juli- Agustus serta diakhir tahun jyuga angka kunjungan akan meningkat tandasnya. Adapun sisa pertumbuhan kuartal pertama ini 11 % jadi lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan wisman tahun lalu yng hanya 9,5 %. Sementara itu Interhash yang dihadiri Presiden RI.DR.H.Bambang Susilo Yudoyono beserta Ibu Negara Ani Yudoyono serta sejumlah Menteri disambut dengan kesenian tradisional cokekan angklung dan Presiedn tiba di Lapangan Tuk Sono, Kecamatan Borobudur tepat pukul 07.38 WIB.

Setelah transit beberapa saat di VIP Presiden RI dan rombongan langsung menuju garis start bersama Hash lainnya dari 50 negara dan tepat pukul 08.00 WIB Interhash dilepas dengan pengibaran bendera start oleh Ketua Panitia Penyelenggara. Dalam kegiatan ini, Presiden menempuh rute VVIP sepanjang 4,25 kilometer melintasi dua desa di Kecamatan Borobudur bersama dengan Ani Yudhoyono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel. Borobudur Interhash 2012 adalah kegiatan lari lintas alam, di mana rute yang akan ditempuh peserta dibagi menjadi short (4-6 kilometer), medium (6-8 kilometer), long (8-12 kilometer), superlong (12-30 kilometer), dan rute VVIP (4,25 kilometer).

Sebanyak sekitar 7 ribu peserta kegiatan ini datang dari klub-klub lari lintas alam atau Hash House Harriers yang ada di berbagai negara , dari rencana hanya 4500 orang. Selama kegiatan berlangsung, masyarakat sekitar route dan ratusan siswa SD yang dilewati menunggu di tepi jalan menyambut para hasher. Mereka menawarkan makanan, minuman, dan buah-buahan untuk diberikan pada para peserta secara gratis. Sekitar pukul 09.00 WIB, presiden beserta rombongan tiba di lokasi finish. (Kar)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: