19 Okt 2012
  Humas Berita,

PT.Bank Mandiri Hibahkan 3 Unit Mobil Perpustakaan Keliling Pada Pemda DIY

PT.Bank Mandiri Hibahkan 3 Unit Mobil Perpustakaan Keliling Pada Pemda DIY

 

Gubernur DIY: Melalui membaca buku, kita akan tahu banyak tentang dunia.

KEPATIHAN,Yk (19/10/2012) pemda-diy.go.id.
Kurangnya mina baca anak dan masyarakat disebabkan beberapa factor disamping kuranya daya beli dan kurangnya ketersediaan buku-buku bacaan umum juga pelajaran yang kurang menarik untuk dibaca.. Untuk menuntaskan hal tersebut harus dilakukan pengadaan buku bacaan sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkembangkan minat baca anak sejak dini.

Demikian dikemukakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur Paku Alam IX pada peresmian dan penyerahan 3 (tiga) unit Mobil Perpustakaan keliling bantuan PT Bank Mandiri kepada SOS Desa Taruna Yogyakarta dan galangpress Media Utama.

Adapun tujuan dari hibah bantuan 3 unit mobil Perpustkaan keliling tersebut menurut penjelaan Direktur Technologi dan Operations PT.Bank mandiri Kresno adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi masyarakat di wilayah DIY khususnya bagi daerah-daerah/wilayah yang belum memiliki perpustakaan Desa/dusun . Dalam rangka menyalurkan dana Program Kemitraan Bina Lingkungan di DIY ini PT.Bank Mandiri dana yang disalurkan senilai Rp.300 juta.

Menurut Direktur Technologi dan Operations PT.Bank mandiri Kresno Sediarsi menjelaskan bahwa Selama ini Yayasan Sos Desa Taruna Yogyakarta selaku lembaga yang mengurusi anak-anak usia sekolah yang bekerjasama dengan Mobil Perpustkaan Keliling Galangpress telah mengunjungi dan membina 63 Bale Ajar yang tersebar di DIY dan Jawa Tengah. Mengingat banyaknya lokasi yang dikunjungi dengan hanya fasilitas sangat terbatas maka permintaan kunjungan ke obyek tersebut tidak bisa dilaksanakan secara rutin. Maka dengan adanya bantuan 3 unit Kendaraan/mobil ini diharapkan permasalahan tersebut sedikit terpecahkan dan harapan masyarakata, terutama pembaca/penggemar buku perpustakaan keliling akan terobati.

Bantuan yang diberikan ini merupakan realisasi dari kepedulian PT Bank Mandiri terhadap lingkungan yang dituangkan dalam Program Kemitraan dan bina lingkungan serta program corporate social responsibilly .Dalam hal ini PT.Bank mandiri memiliki 3 pilar program yaitu, kewirausahaan mandiri, pengembangan komunitas mandiri yang dwujudkan mandiri bersama dan program kemandirian dalam hal edukasi.

Sehubungan dengan hal tersebut tercipta dan tumbuhnya gemar membaca masyarakat tersebut harapan lanjut, tandas Kresno Sediarsi dapat meningkatkan minat membaca masyarakat sehingga akan tercipta sumberdaya manusia yang berkualitas. Disamping itu juga program bantuan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat dan pelajar tentang pentingnya membaca sejak dini yang pada akhirnya timbul kebudayaan gemar membaca.

Sementara itu Pimpinan Galangpress Yulius Velesianus dalam kesempatan itu menyatakan bahwa antara Galangpress dengan SOS Desa taruna bekerjasama untuk keliling dengan mobil Perpusatakaan keliling ini merasa kewalahan, mengingat hidup kita harus berpedoman Urip itu Sejatine Agawe Urup, hidup maka memberi makna hidup dan kehidupan bagi orang lain. Oleh karena itu meskipun hanya satu mobil perpusatakaan melayani 63 Desa Bale Ajar se DIY dan Jateng sebenaarnya mobil itu merasa lelah. namun dengan bantuan 3 unit Mobil Perpustakaan keliling ini dengan masing-masing berisi 500 judul buku , 60 % dari judul buku tersebut untuk anak-anak. selebihnya ada remaja dan untuk orangtua dan harapannya sampai tahun depan sudah tidak lelah lagi bahkan bisa ditingkatkan bisa mencapai 1500 judul buku.

Dibagian lain Gubernur DIY melalui Paku Alam IX memberikan apresiasi pada PT.Bank Mandiri telah melaksanakan kegiatan nyata dngan memberikan bantuan dan mengajak masyarakat untuk gemar membaca buku dengan memberikan contoh membaca buku yang ringan terlebih dahulu. Menerpakan metode dan tehknik membaca yang benar dan baik diharapkan masyarakat bisa menerapkan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari, dan menuliskan kembali apa yang telah dibaca tersebut.

Tandas Gubernur DIY buku adalah jendela dunia atau buka buku jendela dunia adalah memang benar adanya, karena melalui membaca buku, kita akan tahu banyak tentang dunia. Untuk itu lebih lanjut Gubernur DIY mengharapkan dengan bantuan fasilitas pelayanan unit mobil perpustkaan keliling tersebut dapat ikut serta .andil dalam menumbuhkembangkan kecintaan dan minat baca anak-anak dan keluarga serta masyarakat, sehingga akan menjadi generasi yang cerdas dan maju.

Peresmian dan penyerahan 3 unit Mobil Perpustkaan keliling disamping ditandai dengan Penandatangan berita acara serah terima Mobil Perpusatkaan keliling antara Direktur PT.Bank Mandiri Kresna Sediarsi yang didamping pimpinan Bank Mandiri lainnya dengan Ketua yayasan SOS Childrens Village Martanti Indah Lestari,Penyerahan kunci mobil serta pelepasan mobil bantuan oleh Wakil Gubernur DIY dengan ditandai pengguntingn buntal untaian Melati dan memecahkan kendi.

Turut meramaikan acara Peresmian dan penyerahan bantuan 3 Unit Mobil Perpusatkaan Keliling dari PT Bank Mandiri kepada SOS Childrens Village dan Galangpress tersebut tarian anak-anak lintas nusantara seperti tari cublak-cublak suweng, tari kodok ngorek, tari Rampak Kaprajuritan dan lain-lain. (Kar/rsd)

HUMAS

 

Bagaimana kualitas berita ini: