23 Apr 2013
  Humas Berita,

Puncak Hari Kartini Tingkat DIY Tahun 2013 Diperingati Dengan Upacara Sederhana

Puncak Hari Kartini Tingkat DIY Tahun 2013 Diperingati Dengan Upacara Sederhana

 

YOGYAKARTA (23/04/2013) portal.jogjaprov.go.id. Berbagai Komponen Organisasi Wanita se Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta secara bersama-sama tadi pagi(Selasa,23/04) menggelar Upacara Puncak Peringatan Hari Kartini tahun 2013 di Gedung Pertemuan Pamungkas,Kotabaru,Yogyakarta yang dihadiri Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, GKR Hemas, Kapolda DIY, Danrem 072 Pamungkas,Dan Lanud Adisucipto dan Dan Lanal DIY.

 

Mengawali Puncak Peringatan Hari Kartini dengan kepanitaan bersama antara Dharma Wanita, BKOW, Dharma Pertiwi, Bhayangkari, dan PKK selain mengumandangkan Lagu kebangsaan Indonesia Raya,juga ditandai dengan Pembacaan Teks Pancasila oleh Mandarsih,SPd selaku Sekretaris panitia, kemudian Pembacaan Teks Undang-undang Dasar 1945 oleh Yani Wayan.S serta pembacaan Riwayat RA Kartini oleh Dra.Hj.Sri Arofah Mansyur.

 

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Puncak peringatan Hari Kartini Tahun 2013 Nina Daniel Peringatan Hari Kartini hari ini mengambil tema Dengan Semangat Kartini Kita Mendorong dan Meningkatkan Kemampuan Perempuan dibidang Politik Lebih Berkarakter dan Berbudaya yang sebelumnya telah menggelar berbagai kegiatan diantaranya, Donor darah, Sarasehan, Talkshow, Bhakti Sosail, Senam bersama dan Anjangkasih ke Panti Wreda Budidarma.Yogyakarta.

 

Gubernur DIY Sri Sultan hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan wakil Gubernur Paku Alam IX antara lain menyatakan bahwa setiap tanggal 21 April tiap tahunnya kita memperingati Hari Kartini. Namun hendaknya janganlah pada saat-saat peringatan ini saja kita menampilkan hasil karya dan cipta kaum wanita. Tetapi lebih dari pada itu, mudah-mudahan setiap hari, setiap masa, wanita Indonesia tetap berjuang dan tetap bercitra, sebagai bangsa Indonesia yang harum namanya, seharum nama Ibu Kartini.

 

Oleh karena itu lanjut Gubernur DIY bahwa tidaklah berlebihan kiranya jika wanita sekarang ini mampu berbicara sejajar dengan kaum laki-laki. Bahkan dijenjang posisi strategis telah banyak wanita yang kedudukannya sama atau bahkan lebih tinggi dari sebagaian kaum laki-laki. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa kita khususnya kaum wanita benar-benar telah menyadari betapa pentingnya peranan dan kemampuan wanita dalam menegakkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat agar lebih baik dan maju.

 

Dalam kesempatan Puncak peringatan hari kartini tersebut juga diserahkan Trophy dan hadiah lomba Poster Kesetaraan dan Keadilan Gender yang hasil pemenangnya masing-masing diraih Juara I terbaik diraih oleh Burhanudin dari SMK-SMTI Yogyakarta mendapatkan trophy dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp.2 juta. Juara II diraih oleh Vindi Ayulia dari SMA Angkasa Adisucipto memperoleh trophy dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp.1 juta dan juara III diraih oleh Mulyono dari SMK 7 Yogyakarta mendapatkan trophy dan hadiah uang pembinaan sebesar Rp.500 ribu.

 

Sementara untuk juara harapan I, II dan III masing-masing dimenangkan oleh Khoirur Roihan dan Winarti masing-masing dari SMK 5 negeri Yogyakarta dan harapan III diraih oleh Andika dari SMA Negeri 11 Yogyakarta dan masing-masing menerima hadiah berupa Trophy.

 

Turut memeriahkan peringatan Hari Kartini tersebut Vokal Group anak-anak Cantika Swara dari Lanud dan tari Merak dari Ardia Garini Yogyakarta.

 

Turut hadir dalam peringatan Hari Kartini Tingkat Pemda DIY tersebut pinisepuh Organisasi Wanita se DIY serta seluruh anggota Organisasi perempuan dari berbagai komponen.(Kar)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: