04 Okt 2012
  Humas Berita,

Rangkaian Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Rangkaian Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Yogyakarta (01/10/2012) pemda-diy.go.id - Serangkaian Kegiatan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2012, diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiyang pada hari minggu 30 September 2012 mulai pukul 06 pagi sampai pukul 18.00 dilanjutkan Malam Tirakatan pada malam harinya bertempat di Lapangan Monumen Pahlawan Pancasila, Kentungan dan pada Senin pagi (1/10) dilaksanakan Upacara Bendera.

Demikian dikatakan Ketua Panitia Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat DIY Ir. RM. Astungkara. M.Hum., dalam laporannya pada acara Malam Tirakatan Minggu malam (30/09).

Pancasila sebagai tonggak Negara Paripurna merupakan tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2012 dan dimonumen inilah saksi sejarah telah ditemukanya Pahlawan Revolusi yaitu Kolonel Sugiyono dan Brigjen Katamso yang menjadi korban dari keganasan PKI. Ujar Astungkoro.

Pada malam tirakatan ini juga diselenggarakan ceramah dengan nara sumber KH. A. Jazir ASP., yang menceritakan bahwa pahlawan Sugiyono dan Katamso adalah seorang sosok pahlawan yang gugur sebagai pahlawan revolusi akibat pukulan kunci martil 8 yang dilakukan oleh para tentara yang terprovokasi oleh petualangan politik yang menghalalkan segala cara karena tidak memiliki jiwa ketuhanan dan kemanusiaan, dan tidak pula mereka terikat oleh persatuan, persaudaraan sebangsa Indonesia yang hanya memperjuangakan cita-cita politik dengan kekerasan meninggalkan demokrasi dan juga tidak memiliki sikap adil dan kesetiakawanan sosial.

Diakhir ceramahnya Mumamad Jazir mengajak kita bersama bahwa ditengah hantaman berbagai ideologi global yang terus menerus berusaha menggerus Pancasila kita tidak boleh larut didalam pusaran perang ideologi namun hendaknya kita justru harus menguatkannya menjadi karakter yang hidup dalam prilaku kolektif kita.

Sementara pada Upacara Bendera bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur AAU Marsekal Muda Bambang Samudro, Komandan Upacara AKBP. Slamet Budiono dari Pol Air Polda DIY., dan Pembacaan Ikrar oleh Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana.

Ikrar tertulis Ketua DPR RI Marjuki Alie yang dibacakan Ketua DPRD DIY mengatakan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI. Maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesakatian Pancasila ini kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan dan menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.

Usai upacara dilakukan kunjungan ke monumen Pahlawan dan kunjungan ke rumah salah satu pahlawan revolusi yaitu Kolonel Sugiyono yang diterima oleh istri Koleonel Sugiyono Ibu Supriyati Sugiyono dirumahnya di Kota baru Yogyakarta. (dyk)

Humas DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: