21 Mei 2012
  Humas Berita,

Saresehan Kumunitas Lansia Menyambut Hari Lanjut Lansia

Saresehan Kumunitas Lansia Menyambut Hari Lanjut Lansia

Hindari Stres dengan olah raga rutin, rekreasi makanan yang bergizi

YOGYAKARTA, ( 21-05-2012 ),pemda-diy.go.id,- Sebagai Konsekuensi logis dari keberhasilan pembangunan, yaitu bertambahnya usia harapan hidup dan bertambhanya jumlah Lansia di Indonesia, Maka kondisi demikian akan berdampak pada masalah social Ekonomi dan Kesehatan terutama bagi lansia. Proses penuaan adalah masalah yang memang semua orang akan melewatinya, dimana kondisi Fisiksudah mulai turun, Kesehatan serta produktivitas juga menurun, jangan sampai usia lanjut menjadi momok kita semua.Jadikan lanjt usia dengan menjaga kondisi Fisik yang baik, melalui olahraga rutin walaupun hanya jalan kaki, jangan olah raga beratk sehingga memaksa fisik menjadi kelelahan, ini akan mengakibatkan kondisi kesejatan kita terganggu.

Hal demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY. Drs.Sulityo.SH.CN,M.Si saat memberi sambutan pada acara Pembukaan saresehan Kumunitas Lansia di De Nenny Resto jalan Taman Siswa Yogyakarta. hari senin ( 21/5 )

Yogyakarta merupakan daerah yang banyak diminati oleh para pensiunan untuk menghabiskan masa pensiunan, dimana yogyakarta sangat kondusip, dengan lingkungan yang aman,nyaman ,tentram dan damai ini, menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para pensiunan untuk tinggal di Yogyakarta, Kata Sulistyo.

Sejalan dengan kondisi tersebut makaYogyakartamemiliki masalah yang mendasar yaitu, meningkatkan kesejahteraan Lanjut Usia. Merawat Lansia bukan hal yang mudah dilakukan, Walaupun pemerintah juga telah melakukan perawatan terhadap lansia namun belum bisa menjangkau semua lansia yang ada diYogyakarta, terutama masalah kesejahteraan lansia supaya bisa hidup sehat, mandiri, dan produktif selamanya.

Dikatakan Sulistya, kesejahteraan yang dilakukan pemerintah memang belum optimal, maka perlu adanya perubahan mulai dari pendekatan pelayanan ( seviuce oriented), menjadi npendekatan partisipasi ( participation oriented) , sehingga semua jajaran ikut partisiapati dalam menangangi lanjut Usia, upaya ini bertujuan agar kesejahteraan lanjut usia bisa ditanggulangi secara professional.

Saresehan ini diharapkan bisa menghasilkan point-point yang memberi masukan terhadap pemerintah khususnya, pemerintah dalam mengambil kebijakan tentang Lanjut Usia, karena dengan kegiatan saresehan ini para tokoh-tokohyang masih peduli terhadap lansia juga ikut, dan memberi sumbangsih pemikirian dalam mengatasi Lansia supaya bisa menjadi sejahtera.

Supriyatun.S.Sos, selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan , saresehan kuminitas lansia ini satau satu kegiatan dalam rangka menyambut Hari Lansia pada tanggal 29 Mei 2012 mendatang.disamping itu juga akan dilaksanakan Bhakti Sosial di Desa Pojong Gunung Kidul, serta pada puncak acara akan di gelar senam lansia dan Pameran hasil karya Lansia Di Pagelaran Kraton Yogyakarta.

Sedangkan Aisah Indati Psikologoi Dari UGM ,mengatakan, untuk mengatasi Stres kita harus olahraga rutin walaupun dengan jalan kaki, Relakasi ,pengembangan hobi, istirahat cukup, disipiln waktu, alihkan kekrsalan menjadi aktifitas fisik, makanan yang bergizi serta rekreasi jika memerlukan bantuan cari teman yang bisa dipercaya. (skm)

Bagaimana kualitas berita ini: