26 Jun 2013
  Humas Berita,

Sekda DIY Melepas Peserta Pawai FKY 25 Tahun 2013

 

 

 

YOGYAKARTA (26/06/2013) portal.jogjaprov.go.id - Guna menarik wisatawan baik lokal maupun internasional dilaksanakan kegiatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang ke 25 Tahun 2013. Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat dan mengundang perhatian publik, baik itu penduduk asli Yogyakarta maupun wisatawan domestic dan internasional yang sedang berkunjung ke Yogyakarta.

 

 

Hal ini disampaikan Sekertaris Daerah DIY, Drs. Ichsanuri mengawali sambutannya pada acara pelepasan peserta pawai Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) ke 25 Tahun 2013 di Benteng Vandeburg, Yogyakarta, pada hari Selasa sore (25/06).

 

 

Lebih lanjut Ichsanuri menyampaikan bahwa pelaksanaan pawai budaya hendaknya juga memacu dan mengedepankan kreatifitas para seniman Yogyakarta lebih maksimal, sehingga dapat lebih menumbuhkan pariwisata di DIY dan menjauhkan masyarakat yang tinggal dan menetap di DIY dari budaya kekerasan, karena melalui seni, perasaan dan hati akan terasah menjadi semakin halus.

 

 

Mengakhiri sambutannya Ichsanuri mengatakan bahwa acara ini patut dikembangkan sebagai perwujudan keberhasilan memajukan seni budaya kita yang tidak terlepas dari peran masyarakat yang berperan serta memajukan dan mencintai seni budaya daerah.

 

 

Pawai diawali barisan para prajurit kraton Yogyakarta bregodo wirabrojo dan mantrijero bersenjata laras panjang dan tombak kemudian dikuti masing-masing dari rajurit puro pakualaman bregodo lombok abang dan plangkir, 3 buah gerobak sapi, sendratari dan kesenian angguk.

 

 

Adapun gerobag sapi menandakan pindahnya (boyongan) kegiatan FKY yang semula diselenggarakan di benteng vredeburg ke tempat yang baru yaitu Plaza Ngasem.

 

 

Untuk diketahui, FKY diselenggarakan selama 11 hari, mulai tanggal 25 Juni 2013 sampai tanggal 05 Juli 2013, bertempat di Plaza Ngasem Yogyakarta dan dibuka mulai pukul 09.00 - 23.00 WIB.

 

 

Kegiatan FKY ke 25 Tahun 2013 ini bertema Rekreasi, dan berbagai macam rangkaian acara mewarnai kegiatan ini diantaranya kirab seni, Yogyakarta video mapping roject, penampilan para seniman teater, seni Yogyakarta, dan juga berbagai produk kerajinan masyarakat Yogyakarta. (dn/sr/fh).

 

 

 

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: