11 Agt 2022
  Humas DIY Berita,

Sempat Vakum, Tour de Ambarrukmo Kembali Digelar

Yogyakarta (11/08/2022) jogjaprov.go.id – Setelah mengalami vakum penyelenggaraan selama dua tahun karena pandemi, event tahunan Tour de Ambarrukmo akan kembali digelar pada 20 Agustus 2022 mendatang. Kegiatan bersepeda bersama ini digelar untuk mendukung pariwisata di DIY, utamanya guna meningkatkan kunjungan wisatawan dan tingkat hunian hotel di DIY.

Demikian yang disampaikan Ketua Panitia Tour de Ambarrukmo, Surya Ananta usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Kamis (11/08) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Diungkapkan Surya, pertemuan dengan Sri Sultan ini bertujuan untuk menyampaikan agenda Tour de Ambarrukmo sekaligus mohon kesediaan Gubernur DIY untuk melakukan pelepasan peserta.

"Jadi Tour de Ambarrukmo itu sebenarnya event tahunan kegiatan bersepeda dari Ambarrukmo Group. Kami terdiri dari Plaza Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Grand Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, dan Porta by The Ambarrukmo. Jadi ada tiga hotel dan satu mall. Kami berkolaborasi untuk mengadakan acara ini,” terang pria yang akrab disapa Nana.

Nana menyampaikan, Tour de Ambarrukmo kali ini akan diikuti oleh sebanyak 1.300 peserta yang mana sebesar kurang lebih 75% dari jumlah peserta tersebut berasal dari luar DIY. Sementara, 25% sisanya adalah peserta yang berasal dari wilayah DIY dan sekitarnya.

“Sehingga ini (Tour de Ambarrukmo) akan mendukung pariwisata, terutama tingkat kunjungan hotel. Terus juga mungkin kuliner karena saat ini makin berkembang (jumlah peserta), karena ini sudah berkali-kali diadakan, peserta itu menambah hari tinggal. Dulu hanya khusus mengikuti sepedaan, kemudian beberapa (peserta) sudah mengajak keluarga berkunjung ke Jogja dan menambah lama tinggalnya. Jadi pariwisatanya sudah mulai bergerak dengan event ini," jelas Nana.

Lebih lanjut dikatakan Nana, Tour de Ambarrukmo yang diselenggarakan berdekatan dengan momen peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini membuat pelasanaan kegiatan ini nanti akan dimeriahkan pula dengan berbagai lomba. Pelaksanaan lomba tersebut rencananya akan dilakukan pada akhir kegiatan bersepeda tersebut.  

"Temanya kebetulan karena ini juga momennya adalah Agustus, jadi kita ikut mendukung dan merayakan Independence Day dari Republik Indonesia. Sehingga tema kaos kita pun kita buat yang merah putih, mendukung event dari Dirgahayu ke-77 sekarang. Lalu nanti di finish waktu kita selesai sepedaan, ada beberapa kita buat seperti lomba-lomba 17an. Akan ada hadiah-hadiah khusus buat mereka. Itu sebagai untuk mengungkapkan rasa bahwa ini masih di dalam konteks kita merayakan kemerdekaan, gitu," ujar Nana.

Sebagai informasi, Tour de Ambarrukmo ini akan menempuh rute sejauh 149 km. Sementara untuk lokasi start kegiatan tersebut akan bertempat di Pendopo Ambarrukmo yang kemudian dilanjutkan menuju ke check point 1 di Waduk Sermo, check point 2 di Lap. Lumbungrejo Tempel, check point 3 di Candi Prambanan, lalu kembali ke Pendopo Ambarrukmo sebagai lokasi finish.

Selain itu, Nana mengutarakan bahwa Sri Sultan berpesan kepada para peserta kegiatan tersebut agar dapat tertib dan mengikuti segala ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak panitia serta pihak pengamanan. Demi keamanan penyelenggaraan kegiatan tersebut, Nana mengaku pihaknya juga bekerja sama dengan tim keamanan yang berasal dari Polda DIY dan jajarannya. (Han/Hk/Jhn)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: