29 Apr 2012
  Humas Berita,

SMA negeri 1 Bantual Juara LCC Empat Pilar Kebangsaan Tahun 2012 Tingkat Prov.DIY

SMA negeri 1 Bantual Juara LCC Empat Pilar Kebangsaan Tahun 2012 Tingkat Prov.DIY

Yogyakarta(28/04/2012)pemda-diy.go.id. Empat Pilar Kehidupanberbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhenika Tunggal Ikasangat penting disosialisasikandan ditanamkan sedini mungkin kepada generasi muda penerus bangsa karena falsafah yang terkandung di dalam Empat Pilar tersebut sifatnya Universal dan dapat diterapkan dalam setiap bidang kehidupan.

Penegasan demikian disampaikanGubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IXpada Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan bernegara bagiSekolah Menengah Atas se DIY siang sore tadi (Sabtu,28/04/2012) di UC.UGM,Bulaksumur, Yogyakarta yang juga dihadiri Ketua MPR-RI HM Taufik Kiemas, Wakil Ketua MPR-RI , anggota MPR-RI dari DIY, .

Cerdas Cermat Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara bagi siswa SLTA tersebut diikuti oleh 18 SLTA dengan perincian Kota Yogyakarta 4 SLTA, Bantul 4 SLTA, Sleman 4 SLTA, Gunungkidul 3 SLTA dan Kabupaten Kulonprogo 3 SLTA dan setelah bertarung pada babak penyisihan dan semifinal akhirnya 3 Sekolah lanjutan Tingkat Atas yang masuk babak Final yaitu SMA negeri 2 Kota Yogyakarta, SMA negeri 1 Kabupaten Bantul dan SMK Negeri 1 Bantul.

Ketua MPR-RI H.M.Taufik Kiemas sebelum babak Final Lomba Cerdas Cermat 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara dimulai dalam sambutannya menyatakan bahwaYogyakarta inilah sebenarnya Empat Pilar Kehidupan Berngsa dan Bernegara itu lahir di DIY. Karena yang lebih penting lagiadalah jasa Sri Sultan dan Sri Paduka,kita bersatu karena adaYogyakartaini.

Selain itu Taufik Kiemas mengatakan bahwaLomba Cerdas Cermat Empat Pilah Kehidupan Berbangsa dan bernegara ini merupakan Cerdas Cermat ke 14 dari 33 Provinsi se Indonesia dan diselenggarakan oleh MPR-RI yang ke 5 dalam rangka mensosialisasikanEmpat Pilah Kehidupan Berbangsa dan bernegara pada generasi muda penerus pembangunan sekaligus sebagai ajang seleksi Provinsi yang akan maju dalam Lomba yang sama di tingkat Nasional di Jakarta.

Sehubungan dengan hal tersebut lebih lanjut Ketua MPR-RIjuga mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaannya karena dia bisa berada ditengah-tengah masyarakat Yogytakarta dimanaYogyakartamenjadi tempat belajarnya pluralisme di negeri ini.

Masa depan bangsaIndonesiayang kita cintai sebagaimana kita cita-citakan bersamayaitu mewujudkan kesejahteraan dan berkeadilantergantung pada generasi mudanya.Oleh karena itu juga generasi mudanya harus mengerti dan mendalami Empat Pilah Kehidupan Berbangsa dan bernegara tersebut dengan benar. Karena hanya dengan demikian, Taufik Kiemas yakin bahwa bangsa yang sejatera adil dan makmur akar terwujud serta masa depan akan lebih cerah jika disbanding saat ini.

Sementara itu Gubernur DIY melalui Paku Alam IX dengan diadakannya lomba cerdas cermat initidak dapat dipungkiri bahwa ini merupakan sebuah kompetisi. Karenanya Gubernur DIY mengingatkan bahwasebuah kompetisi itu pasti ada yang kalah dan menang. Oleh karena itu dia berharap kemenangan di tingkat Provinsi ini dapat dijadikan motivasi untuk mencatat prestasi yang lebih baiklagi di tingkat nasional, sehingga selain sebagai ajang pembuktian diri, juga dapat mengharumkan nama DIY di tingkat nasional. Sementara bagi yang tidak lolos/kalahGubernur DIYberharap tidak berkecil hati, karena pengalaman ini entah disadari atau tidak, telah menjadikan anak-anak SLTAsebagai generasi mkuda penerus sperjuangan akan lebih siap dalam menghadapi kompetisi-kompetisi serupa dikemudian hari serta akan selangkah lebih maju, jika dibandingkan dengan teman lain dalam hal pengetahuan dan pemahaman mengenai bangsa ini.

Menurut Gubernur DIY menang atau kalah, yang terpenting adalah bagaimana agar pengetahuan yang diperoleh selama mengikuti Lomba Cerdas Cermat Empat Pilah Kehidupan Berbangsa dan bernegara ini tidak berhenti sampai disini, melainkan dapat dimanfaatkan sebagai landasan untuk lebih memahami falsafah Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhenika Tunggal Ika serta mampu menterapkan didalam kehidupannya sehari-hari.

Akhirnya SMA Negeri I Kabupaten Bantul sebagai juara I Lomba Cerdas Cermat Empat Pilah Kehidupan Berbangsa dan bernegara setelah dengan semangat tinggi menjawap pertanyaan yang diberikan Tim yang terbagi dalam 4babap lomba yaitu babak IPenampilan Yel-yel, Pertanyaan Uji materi. Tematik, Babak 3 Solah pemilihan Benar atau salah dan babak 4 pertanyaan rebutan.

Untuk babak pertanyaan Uji materi tersebut untuksoal pertanyaan untuk regu B diberikan oleh Ketua MPR-RI HM.Taufik Kiemas, Untuk Regua A oleh Wakil Ketua MPR-RI Ahmad Farhan Hamid dan untuk regu C dari SMK negeri 1 bantul oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX.

Dengan mengumpulkan total nilai 125 akhirnya SMA Negeri 1 Bantul keluar sebagai Juara I Lomba Cerdas Cermat Empat Pilah Kehidupan Berbangsa dan Berngera Tahun 2012 sekaligus memwakiliLomba yang sama Tingkat nasional di Jakarta sekaligusmenerima piala dan hadiah uang sebesar Rp.5 juta. Untuk juara II dengan total nilai 105 SMA Negeri 2 Kota Yogyakarta menerima piala danhadiah uang sebesar Rp 4 juta dan juara III dengan total nilai 95 juga menerima piala dan hadiah uang dari Dinas Pendidikan dan Olah Raga Provinsi DIY sebesar Rp.3 juta.

Piala dan hadiah uangmasing-masing untuk juara I diserahkan Ketua MPR-RI Taufik Kiemas, Juara II oleh Wakil Ketua MPR-RI Ahmad Farhan Hamid dan juara III diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY paku Alam IX. (Kar/rsd)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: