16 Jun 2013
  Humas Berita,

SMAN II Yogyakarta Juara I Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar

 

 

 

Gubernur DIY : empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak hanya dihafal, tetapi harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

 

 

YOGYAKARTA (16/06/2013) portal.jogjaprov.go.id - Lomba cerdas cermat empat pilar kali ini bertujuan agar efektif dalam memberi dukungan dan dorongan siswa dalam mempelajari kehidupan Berbangsa dan Bernegara, yang berdasarkan pada Pancasila,Undang-undang 1945. NKRI, dan Bhinneka Tunggal Eka.

 

Hal demikian disampaikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY, Drs.Kadarmanto Baskoro Aji. saat membuka acara Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang di laksanakan di UC UGM Yogyakarta, Sabtu (15/6)

 

Cerdas cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara ini, di ikuti oleh siswa-siswa SLTA dari empat Kabupaten/Kota se DIY, yang nantinya akan mewakili Daerah Istimewa Yogyakarta ke Tingkat Nasional.

 

Tim Yuri cerdas cermat ini terdiri Drs. Eddie Siregar .M.Si dari Sekjen MPR RI, M Afnan Hadikusumo Anggota MPR RI dari Anggota DPD RI, dan Drs. H. Zainut Tauhid Saadi Anggota MPR RI dari Fraksi Persatuan Pembangunan.

 

Ditambahkan Gubernur DIY bahwa, dengan adanya lomba cerdas cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara ini diharapkan bisa mendorong para siswa dan guru untuk mempelajarinya. Disamping itu juga akan menjadi tantangan bagi guru-guru disekolah untuk bisa menemukan metode mengajar materi empat pilar, supaya siswa- siswi tidak merasa bosan dalam belajar mengenal nilia-nilai yang terkandung dalam empat pilar tersebut.

 

Materi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tidak hanya dihafal, tetapi harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bukan tugas para siswa semata, tetapi tugas semua komponen bangsa. Tandas Gubernur

 

Keteladanan yang diberikan oleh Ki Hadjar Dewantara adalah Ing Ngarso Sung Tuladha.Tut Wuri Handayani, yang memiliki makna seoramg pimpinan harus memberi keteladanan, mulai dari Presiden, MPR, DPR, Kepala Daerah hingga Guru, masyarakat dan murid akan mengikuti sikap dari para pimpinan tersebut yang telah memberi contoh kebaikan sebagai suritauladan.

 

Sementara itu Drs.H. Zainut Tauhid Saadi mewakili Ketua MPR RI dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini mendapat dukungan dari para siswa dan guru, menandakan kegiatan ini mendapat respon positip dari semua pihak.

 

Lomba cerdas cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi generasi muda khususnya bagi pelajar Tingkat SLTA yang berasal di Daerah Istimewa Yogyakarta,sebagai motivasi pelajar untuk mempelajarinya.

 

Sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menunjukan prestasi guna mewujudkan bangsa yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Kita bersyukur karena memiliki Sumber Daya Manusia yang handal dan cerdas sebagai modal bangsa, untuk meneruskan pembangunan dimasa mendatang.

 

Generasi muda harus kita dukung guna meningkatkan prestasi yang dimiliki dan bisa mengembangkan empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan Pancasila sebagai dasar Negara, falsafah dan pandangan hidup bangsa, UUD 1945 sebagai landasan konsituti bangsa, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai kontitusi yang harus dijaga bersama, serta Bhinika Tunggal Eka sebagai wadah persatuan dan kesatuan bangsa, ini empat pilar yang harus dipahami dan diamalkan.

 

Pada acara lomba cerdas cermat empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara tingkat DIY Tahun 2013 ini keluar sebagai Juara I dimenangkan oleh SMAN 2 Yogyakarta meraih nilai 197 dan berhak maju ke tingkat nasional mewakili DIY, Juara II SMKN Bantul meraih nilai 157 dan Juara III SMAN I Gunung Kidul dengan nilai 141. (skm)

 

 

HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: