14 Des 2023
  Humas DIY Berita,

Sri Paduka Dorong DWP DIY Dukung Pembangunan Berkelanjutan

Yogyakarta (14/12/2023) jogjaprov.go.id - Perempuan adalah aktor strategis pembangunan untuk menuju kehidupan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan sejahtera. Pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan berkaitan erat untuk memperbaiki kualitas generasi penerus.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menegaskan hal demikian pada peringatan Hari  Ulang Tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) DIY ke - 24, Kamis (14/12) di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Menurut Sri Paduka yang turut hadir bersama GKR Hemas dan GKBRAA Paku Alam ini menekankan, perempuan adalah pendidik pertama di dalam keluarga.

“Pemberdayaan perempuan dalam pembangunan berkelanjutan akan memberikan akses partisipasi kontrol dan manfaat dalam pembangunan berkelanjutan. Maka program pemberdayaan perempuan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan meningkatkan peran sertanya yang aktif di masyarakat,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka mengatakan, sebagai sekolah pertama bagi keluarga, perempuan adalah pelopor peningkatan kualitas hidup bagi keluarga dan lingkungan.  Dari sinilah menurutnya perubahan ke arah yang lebih baik akan cepat diraih. Sri Paduka berharap, DWP DIY dapat mewujudkan semangat untuk mengaktualisasi diri sebagai perempuan mandiri dan berdaya. 

“Saya berharap seluruh jajaran DWP DIY dapat mewujudkan diri sebagai center of excellent, serta secara eksternal perlu menjalin hubungan yang erat dengan berbagai organisasi perempuan. Kenapa? Agar terbangun jaringan organisasi yang semakin luas,”  ujar Sri Paduka.

Ketua DWP DIY,  Sri Rahayu Widiastuti Dewo Wisnubroto mengatakan, menempatkan perempuan sebagai sektor kunci di dalam pembangunan negara sangat tepat. Hal ini karena perempuanlah yang menjadi sekolah pertama bagi generasi muda. Seperti diketahui, pendidikan merupakan salah satu modal utama dalam pembangunan berkelanjutan.

DWP DIY sendiri merupakan organisasi yang menjadi ruang aman bagi seluruh anggotanya untuk saling mendukung satu sama lain. Masing-masing anggota dapat berkembang secara optimal sebagai pilar pembangunan. Perempuan anggota DWP ini merupakan kekuatan yang luar biasa besar dalam pembangunan keluarga dan masyarakat.

“Saya yakin kita semua mampu memberikan kontribusi yang bermakna dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, ekonomi, sampai sosial budaya. Kita manfaatkan momentum ulang tahun ini untuk bersyukur atas perjalanan panjang menghadapi tantangan. Juga untuk merefleksikan semua perjuangan yang telah kita tempuh sebagai bekal melaju ke depan,” ungkap Sri Rahayu.

Dalam laporannya, Ketua Panitia HUT DWP DIY Sugiharti Mulya Sugeng Purwanto menyampaikan, peringatan ulang tahun ke-24 DWP tahun 2023 mengambil tema peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan. Ada serangkaian kegiatan yang dilakukan, yaitu, bakti sosial  pada tanggal 8 November 2023 dengan memberikan bantuan berupa air bersih sebanyak 10 tangki kepada masyarakat Gunungkidul. Kemudian donor darah pada 14 November 2023 di Bale Tanjung, Kompleks Kepatihan ini bekerjasama dengan PMI cabang kota Yogyakarta, dengan sebanyak 95 orang, dan  yang bisa lolos mendonorkan darahnya sebanyak 70 orang. Lomba MC juga dilaksanakan pada tanggal 14 November 2023  di Pendopo Wiyotoprojo yang diikuti oleh seluruh anggota, unsur pelaksana DWP DIY.

“Serangkaian acara peringatan hari ulang tahun ke-24 DWP ini terselenggara karena adanya dukungan dari berbagai pihak, seperti Bapak Wagub, GKBRAA  Paku Alam selaku penasehat DWP DIY, Sekda DIY, Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setda DYT, Kepala DP3AP2 dan kepala Dinas Pariwisata DIY, Kemudian Pj Walikota Yogyakarta, DWP DIY dan seluruh sponsor,” tutup Sugiharti Sugeng.  (uk/sis/dev)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: