15 Sep 2024
  Humas DIY Berita,

Sri Paduka Pesan Atlet PON Wajib Solid

Medan (15/09/2024) jogjaprov.go.id - Solidnya kontingen PON 2024 dari DIY menjadi salah satu kunci diraihnya medali emas yang jauh melebihi target pada hari ke-4 diselenggarakannya event tersebut. Atlet, pelatih, pendamping dan tim pendukung lainnya mempunyai peran yang sama penting dan sama besarnya pada perhelatan olahraga 4 tahunan di Indonesia ini.

Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X menyampaikan hal demikian pada jamuan makan malam kontingen DIY pada PON 2024 Aceh-Sumatera, Minggu (15/09) di Medan Sumatera Utara. Kehadiran Sri Paduka di tengah-tengah para kontingen ini adalah sebagai dukungan kepada para atlet DIY yang sedang berlaga untuk mempersembahkan yang terbaik bagi DIY. Pada kesempatan tersebut, Sri Paduka juga sempat melakukan dialog dengan beberapa atlet terkait dengan laga PON 2024.

Sri Paduka menyampaikan, dalam ajang PON ini, semua memiliki peran masing-masing. Sebagai satu kesatuan, tidak ada peran yang yang lebih berat atau lebih ringan. Keyakinan dan kepercayaan bahwa semua sama penting, akan menumbuhkan sportivitas yang baik

"Saya terus mendoakan yang terbaik. Saya mohon, bapak, ibu dan adek-adek jangan ada stigma pekerjaan ku lebih berarti dari pekerjaanmu. Semua dengan peran masing-masing," tutur Sri Paduka.

DIY tercatat mengirimkan kontingen terbesar dari seluruh kontingensi se-Indonesia pada PON kali ini. Meskipun tidak semua pertandingan cabang olahraga atau cabor bisa disaksikan langsung, namun Sri Paduka tetap memberikan support yang besar pada kontingen.

"Kami terbatas waktunya, jadi tidak bisa melihat semua venue. Tapi Pemda DIY tetap mengirimkan perwakilan untuk bisa memberikan support langsung. Kami sudah ada perwakilan, tim kita bagi," jelas Sri Paduka.

Sri Paduka juga menyampaikan apresiasi atas prestasi yang ditorehkan. 21 emas adalah kondisi perolehan sementara pada 15 September 2024. Masih sangat mungkin akan ada emas-emas lain yang diraih, mengingat PON belum berakhir. Oleh karena itu para atlit diminta tetap menjaga kondisi badan agar tetap prima sehingga siap untuk kembali berlaga.

"Atas nama pribadi dan Pemda DIY, saya sampaikan terima kasih atas perjuangan adik-adik. Saat ini sudah sangat baik tapi mudah-mudahan akan lebih baik lagi. Saya pribadi sangat mengapresiasi dan yang terpenting adalah memanfaatkan peluang," ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka mengatakan sangat bangga atas kerja keras, sportivitas dan kekompakan yang telah ditunjukkan oleh kontingen DIY. Namun Sri Paduka tetap menekankan kepada seluruh kontingen untuk tetap berlatih keras tetap menjaga semangat dan kekompakan sampai tanpa batas waktu.

Syafa Al Zahra, atlet balap sepeda, berhasil menyabet dua medali emas dan satu medali perak. Syafa mengaku sangat senang dikunjungi oleh Sri Paduka. apalagi Sri Paduka sempat memberikan semangat kepada para atlet untuk tetap berjuang. hal itu menurutnya sangat berarti.

"Senang sekali bisa dikunjungi Bapak Wakil Gubernur. Tadi beliau pesan harus jaga terus semangatnya, makannya juga harus dijaga," ungkap Syafa.

Siswi kelas 12 SMA N 1 Sewon ini mengatakan memiliki target untuk bisa ikut di dalam sea games. Meskipun saat ini belum ada undangan pelatnas namun Syafa berlatih dengan keras agar bisa mengikuti pelatnas sea games.

"Saya pokoknya terus berlatih lebih keras dan lebih semangat lagi. Tadi juga dipesan oleh pak Wagub untuk jaga pola makan jaga pola tidur dan tidak patah semangat, terus berlatih lebih keras lagi jaga pola makan pola tidur," tutup Syafa.

Terkait dengan keikutsertaannya pada pon 2024 ini, Syafa mengaku untuk sementara waktu meninggalkan bangku sekolah. Namun meskipun dia absen dari sekolah, Syafa tetap berusaha mengejar ketertinggalan pelajaran dengan mengikuti les di luar sekolah. Adapun terkait dengan izin pihak sekolah sangat kooperatif dan mendukung untuk bisa berlaga pada PON 2024 ini dan mengharumkan nama DIY. (uk/ts)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: