04 Jul 2024
  Humas DIY Berita,

Sri Paduka Sambut Hangat Pameran Fotografi Internasional ISI Yogyakarta

Yogyakarta (04/07/2024) jogjaprov.go.id - Wagub DIY, KGPAA Paku Alam X menyambut hangat dan antusias atas rencana kedatangan tamu dari 33 negara di DIY guna mengikuti pameran fotografi. Pameran fotografi bertaraf internasional ini akan digelar pada 23 Juli 2024 mendatang, dan diprakarsai oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Rencana pameran tersebut, disampaikan oleh Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Edial Rusli dan rombongan pada Kamis (04/07) di Gedong Pare Anom, Kompleks Kepatihan Yogyakarta. Selain melihat acara ini sebagai peluang perputaran ekonomi pada masyarakat DIY, Sri Paduka juga melihat peluang penyelenggaraan event serupa, sebagai event rutin yang bisa digelar. Hal ini menurut Sri Paduka wajib di pertimbangkan, mengingat acara sudah bertaraf internasional.

“Acara ini bagus kalau bisa digelar di DIY. Ini juga bisa menjadi peluang sehingga masuk pada calendar of event DIY, bisa digelar rutin per tiga tahun misalnya. Ini kan tidak semua negara berkesempatan menggelar pameran sebesar ini,” ungkap Sri Paduka.

Sri Paduka yang juga merupakan penggiat fotografi ini menuturkan, acara ini bisa menjadi ajang untuk penggiat fotografi di DIY untuk bisa memperluas wawasan. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari pameran bertaraf internasional ini. Apalagi pameran ini akan diikuti oleh 33 negara, yang tentunya akan memberikan peluang belajar yang sangat langka dan berharga.

Edial Rusli pada kesempatan tersebut menjelaskan, dimulai pada 23 Juli 2024, pameran ini akan berlangsung selama 21 hari di Galeri R.J. Katamsi ISI Yogyakarta. 33 negara dipastikan akan hadir, dan mengirim 150 peserta. Sementara dari ISI Yogyakarta, sebanyak 75 fotografer juga akan berpartisipasi. Total, ada 260 karya seni fotografi yang akan dipamerkan.

“Saya sangat senang karena yang datang 33 negara, dalam hal ini 150 orang peserta. Saya berharap acaranya bisa sukses dan dari Jogja kita bisa membumikan fotografi,” kata Edial. 

Edial menambahkan, acara ini terbuka untuk umum. Menurutnya, siapapun bisa hadir dan menikmati pameran. “Tema yang diangkat adalah budaya setempat. Jadi negara-negara yang mengikuti pameran bisa bisa menyajikan budaya masing-masing yang diambil dari berbagai angle,” imbuh Edial.

Terkait dengan arahan Sri Paduka untuk menyelenggarakan event sejenis secara rutin, Edial mengatakan sudah merencanakan hal tersebut. Ia menjelaskan, akan ada event yang direncanakan  akan diselenggarakan secara rutin. Untuk bisa menjadikan event internasional serupa untuk digelar secara rutin, Edial mengatakan, akan menggandeng Asosiasi Fotografi Indonesia.

“Pameran sudah kami rencanakan dan sudah melalui proses-proses yang ada. Insya Allah tahun depan bisa kita laksanakan. Tentunya dengan dukungan dari Kanjeng Gusti juga,” tuturnya.

Edial mengatakan, sangat berharap Sri Paduka berkenan membuka pameran ini. Mengingat, selain sebagai pejabat setempat, Sri paduka adalah sosok yang sangat kompeten di dunia fotografi. Ketertarikan Sri Paduka pada fotografi memang sudah sangat dikenal oleh para fotografer handal. “Beberapa kali saya selalu melibatkan Kanjeng Gusti untuk proses penelitian dan penilaian fotografi sehingga saya tidak ragu. Beliau sangat kompeten, dan teman-teman sangat paham tentang beliau. Untuk itu, tidak berlebihan rasanya jika kami semua sangat berharap akan dukungan, terutama kehadiran beliau untuk membuka acara,” tutup Edial. (uk/rcd)

Humas Pemda DIY

Bagaimana kualitas berita ini: