26 Apr 2014
  Humas Berita,

Sri Sultan Hamengku Buwono IX Menerima Anugrah Spesial Koni Award

 

 

YOGYAKARTA (26/04/2014) portal. jogjaprov.go.id. Bertempat di Bangsal Sri Manganti Kraton Yogyakarta malam tadi (Sabtu,26/04) Almarhun Sri Sultan Hamengku Buwono IX menerima Anugrah/Penghargaan Spesial KONI AWARD yang penyerahannya dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Mayjen Purnawirawan Tono Suratman dan diterima oleh Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X yang didampingi Ketua Umum KONI DIY GBPH.H.Prabukusumo.

Wakil Ketua V KONI Pusat Nugroho dalam laporannya mengatakan bahwa, Anugrah/Penghargaan KONI AWARD ini di berikan kepada seseorang atau lembaga yang telah berjasa melalui Achievement ((karyanya ) terhadap kemajuan dan perjuangan pengembangan prestasi olahraga di Indonesia menunju panggung internasional.

 

KONI AWARD ini dberikan dengan harapan bisa memotivasi dalam bidang olahraga untuk lebih semangat , serta menginspirasi bagi para pelaku olahraga dan masyarakat pada umumnya, untuk melanjutkan kiprah dan memajukan olahraga sebagai prestasi Indonesia.

 

Penghargaan KONI AWARD selain berikan kepada Almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX juga diberikan kepada 22 pelaku olahraga lainnya yaitu Atlit, Pelatih. Pembina dan lembaga dengan 8 katagori yaitu Spesial Award, Lifetime Achievement Award, Pelopor Pengembangan Olahraga, Atlit dan mantan Atlit, Pelatih, Pembina serta lembaga pendidikan dan Media.

 

Spesial Awards di berikan kepada Almarhum Sri Sultan HB IX merupakan yang pertama kali dan terakhir karena jasa-jasanya yang telah mengangkat harkat dan martabat dan kehormatan bangsa melalui Olahraga . Almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX menerima penghargaan karena sebagai perintis pengembangan prestasi olahraga, Ketua Umum KONI yang pertama, serta pengabdiannya yang tanpa henti sepanjang kariernya dalam pembinaan prestasi olahraga di Indonesia.

 

Ketua Umum Koni Pusat Mayjen TNI Purnawirawan Tono Suratman dalam sambutannya mengatakan bahwa semasa hidup Sri Sultan Hamengku Buwono IX selain seorang tokoh nasional yang hidupnya tidak saja berjuang tanpa henti merebut dan mempertahanakan guna mengisi kemerdekaan Indonesia, namun beliau juga seorang tokoh penentu dalam membela dan meningkatkan harkat dan martabat demi keharuman nama bangsa serta Negara melalui olahraga.

 

Penghargaan Anugrah Spesial KONI Award kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX, menurut Ketua Umum KONI Tono Suratman tidak mungkin terulang kembali, mengingat saat itu angat sulit unuk pencapaian yang komprehensif sebagaimana dilakukan Sri Sultan Hamengku Buwono IX semasa hidupnya.

 

Sementara itu seusai menerima Anugrah Spesial KONI AWARD Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan bahwa dari beberapa testimony pengganti Ketua Koni Sri Sultan Hamengku Buwono IX Alamarhum di antaranya Agum Gumelar, Letjen Suprayogi pernah menjadi Ketua Umum Koni menggantikan Sri Sultan HB IX tahun 1971 memberikan membei penjelasan secara kepribadian dan pengabdian Alamarhum Sri Sultan HB IX dibidang olahraga tidak saja di tanah air. tetapi Sri Sultan HB IX,juga sebagai anggota International Olympic Committee membuktikan bawah beliau iaku dunia dibidang olahraga.

 

Menurut tulisan Suprayogi dalam bukunya menjelaskan Sri Sultan HB X , dalam kepemimpian bisa menjadi suritauladan dalam membimbing , berkomunikasi, kesederhanaan dan menyatu dengan masyarakat, maka oleh mayarakat disebut sebagai bapak olahraga. Disamping itu Sri Sultan HB IX, mempunyai kemamuan dalam bidang politik guna memajukan olahraga untuk lebih berprestasi baik tingkat nasional maupun Internaional Sri Sultan HB IX saat itu bisa menyatukan KONI dan KOI, dengan tujuan agar bisa bersatu karena akan lebih efisien dan terpadu jika KONI dan KOI mengambil kebijakan agar hasilnya lebih maksimal . karena saat itu Sri Sultan HB IX selaku Ketua KONI dan Sri Paduka Paku Alam VIII sebagai Ketua KOI, maka atas kebesaran jiwa beliau berdua demi kebesaran olahraga bagi Indonesia dalam membangun olahraga di masa mendatang KONI dan KOI bersatu.

 

Sri Sultan HB X mengharapkan dengan diterimanya Anugrah Spesial KONI AWARD ini selain megucapan terima kasih, agar semua para pewarisnya dapat meneruskan perjuangan beliau, bagi kepentigan nusa dan bangsa, dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa berkenan melimpahkan berkah dan Rahmatnya, agar gagasan dan tindakan cemerlang Ngarso Dalem Sri Sultan HB IX yang visiioner dan telah mendahului jamannya, dapat menjadi rujukan generasi muda calon pemimpin bangsa masa depan.

 

Penerimaan Anugrah KONI AWARD atas nama ayahandanya serta Piagam Penghargaan dari Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, disaksikan oleh jajaran Pengurus KONI Pusat, Pengurus KONI DIY, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah DIY, GKR Hemaas dan Putri-putri Dalem HB X dan dimeriahkan penampilan 2 tari Karya Almarhum HB IX 1 di antaranya Tari Golek Menak Rengganis Adaninggar . (kar/skm) HUMAS DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: