09 Jan 2019

Sri Sultan HB X Secara Resmi Membuka Sarasehan Kebangsaan

Yogyakarta (09/01/2019) jogjaprov.go.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X secara resmi membuka Sarasehan Kebangsaan yang diselenggarakan pada hari Rabu (09/01) oleh Gerakan Suluh Kebangsaan dengan pemukulan gong di Bale Raos, Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Sri Sultan HB X mengatakan, “Nilai-nilai Pancasila sebagai faktor penentu Semangat Kebangsaan, membawa konsekuensi agar menjadikannya sebagai basis membangun peradaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang bermartabat dan berkeadilan.” Sri Sultan HB X juga menjelaskan bahwa Nilai-Nilai Kebangsaan, ketika dituntut agar menjadi nilai-nilai yang hidup (living values) memerlukan revitalisasi dan sikap kreatif terus menerus guna memperkuat ketahanan budaya bangsa.

Acara Sarasehan Kebangsaan ini menghadirkan Prof. Mahfud MD, Prof. Syafii Maarif, dan Romo Benny Susetyo sebagai pemantik dan Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, M.A. sebagai moderator diskusi.

“Kita rawat Negara Republik Indonesia karena sungguh nyaman kita hidup di Indonesia ini. Dan berdosa kita kalau kita abaikan negara ini karena nanti, anak cucu kita tidak akan menikmati kenyamanan seperti kita, manakala kita lalai sekarang ini menjaga kesatuan Republik Indonesia.”, kata Prof. Mahfud MD selaku Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan, yang bertujuan memperkuat rasa nasionalisme, memperkokoh persatuan dan kesatuan untuk kejayaan Indonesia.

Danrem 072 Pamungkas, Wakapolda DIY, Rektor Universitas dan Akademi di DIY, Para Pimpinan Majelis Keagamaan, Para Pemuka Agama, dan Perwakilan Ikatan Keluarga Mahasiswa juga turut hadir meramaikan diskusi tersebut. (*/rp)

Bagaimana kualitas berita ini: