07 Feb 2013
  Humas Berita,

Sultan HB X Hari Ini Kukuhkan FK-Tagana,Karangtaruna dan IPSM DIY

Sultan HB X Hari Ini Kukuhkan FK-Tagana,Karangtaruna dan IPSM DIY

 

YOGYAKARTA(7/2/2013) portal.jogjaprov.go.id. Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (FK-TAGANA) Karangtaruna dan Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat sebagai organisasi kepemudaan yang berbasis masyarakat, sebagai wadah generasi muda harapan bangsa hendaknya benar-benar menjadi lahan pesemaian kepemimpinan bangsa berjiwa besar yang penuh toleransi dan berwawasan kebangsaan.

 

Harapan demikian disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ketika mengukuhkan 3 Pengurus Organisasi Sosial di DIY yaitu Tagana,Karangtaruna, Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat siang tadi (Kamis,7/2) di Rich Hotel Jalan magelang Yogyakarta yang juga dihadiri Pengurus Pusat Karangtaruna ,Sekjen IPM Kementerian Sosial RI serta Pejabat Forum Pimpinan Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Menurut Kepala Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta Drs.Untung Sukaryadi.MM, Pengurus yang dilantik tersebut terdiri dari Pengurus FK Tagana masa bakti 2012-2015 terdiri Dewan Kehormatan Tagana DIY yaitu Drs.Sulistyo SH Asisten Pemerintahan Setda DIY, dr.Bondan Agus Suryanto.M.Kes, Dina Lusranjani, GKR Pembayun, Budi Utomo dan Sulistyo masing-masing dari Masyarakat, Untuk Ketua Umum Tagana DIY dipegang oleh Doni Kristanto dan dibantu seorang Sekretaris yaitu Chery Pratolo. Untuk Karangtaruna masa bakti 2013-2017 DIY Ketua Umum dijabat oleh GKR Condrikirono, dibantu oleh 5 wakil ketua yang berasal dari Ketua Karangtaruna Kabupaten/Kota se DIY, Sementara untuk Pengurus IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat ) masa bakti 2013-2017 Ketua Umum Wasis Siswanto, Sekretaris Suyanto dan dibantu oleh beberapa bidang organisasi.

 

Adapun tujuan dilantiknya ketiga pengurus organisasi/lembaga social Kemasyarakatan ini agar memiliki legalitas dalam rangka menyelenggaran kegiatan dan tugasnya pengabdian di bidang masing-masing di tengah-tengah masyarakat.

 

Lebih lanjut Gubernur DIY kepada Pengurus Karangtaruna DIY yang baru dilantik menyatakan bahwa maksud dibentuknya lembaga/organisasi kepemudaan adalah untuk menampung kegiatan guna memupuk semangat kebangsaan cinta tanah air, keopelolporan dan kepemimpinan, berdisiplin dan berbudi pekerti luhur dalam rangka character building generasi muda Indonesia.

 

Demikian juga kepada pengurus FK Tagana Sultan mengingatkan bahwa sesuai dengan Taruna Siaga Bencana, gugus tugas kaum muda yang berorientasi di bidang kesejahteraan social untuk menangani penanggulangan bencana, dengan kemampuan khusus untuk pendampingan sosial, pengelolaan shelter, logistic, dapur umum dan psikososial.

 

Semantara untuk Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat yang dalam kerjanya melakukan gerakan pekerja social yang menganut prinsip pemberdayaan yaitu membantu orang agar mampu membantu dirinya sendiri sangat memperhatikan pentingnya partisipasi social dan pendekatan pemberdayaan amsyarakat. Dalam konteks inilah Gubernur DIY berharap agar dalam praktek pekerjaan social peranan IPSM diwujudkan dalam kapasitasnya sebagai pendamping, bukan sebagai penyembuh atau pemecah masalah secara langsung.

 

Untuk itu dalam pendampingan social ini berpusat pada 3 visi praktek pekerja social yang dapat disingkat dalam 3 P yaitu pemungkin atau enabling, pendukung atau supporting dan pelindung atau protecting. Dan prinsip utamanya tandas Sultan adalah pendampingan social dengan menggunakan sumberdaya terbaik dari klien.

 

Dibagian lain dalam sambutannya khusus kepada pengurus dan anggota Karangtaruna Gubernur menandaskan bahwa tujuan dibentuknya karangtaruna sebagai wadah pembinaan para remaja, terutama yang putus sekolah dan menganggur, jika dia tidak diberikan tam,bahan pendidikan ketrampilan, akan menimbulkan banyak masalah. Sebab kenakalan remaja sampai pada tindak kriminalitas bisa dengan mudah berkembang pada remaja pengangguran. Maka melalui pendidikan dan latihan remaja di wadah karangtaruna remaja akan memperoleh penyaluran bakat dan minatnya secara positif dan produktif, sehingga remaja dapat hidup mandiri.

 

Adapun pengurus orsos yang dikukuhkan Gubernur DIY tersebut FK-Tagana berjumlah 35 orang, 5 diantara sebagai Dewan Kehormatan FK-Tagana, 42 Orang Pengurus Karangtaruna dan 42 orang Pengurus IPM.

 

Pengukuhan pengurus ketiaga orgasisasi social diakhiri dengan jabattangan ucapatan selamat bertugas oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang diikuti Pejabat Forum Pimpinan Daerah se DIY dan Tamu Undangan yang dilanjutkan dengan berfoto bersama.(Kar)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: