10 Nov 2011
  Humas Berita,

Sultan Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Sultan Inspektur Upacara Peringatan Hari Pahlawan

 

Momentum Peringatan Hari Pahlawan Diharapkan Dapat Terbangun Karakter Bangsa Yang Kuat dan Kokoh

YOGYAKARTA (10/11/2011) pemda-diy.go.id
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan 2011 Provinsi DIY, di Alun-alun Utara Yogyakarta, Kamis (10/11). Upacara Bendera diikuti unsur TNI, Polri, Sat Pol PP, Satpam, Pramuka, Mahasiswa, Pelajar, Ormas dan unsur Prajurit Kraton.

Bertindak sebagai Komandan Upacara AKBP Sukarwito, Pengibar Sang Merah Putih Riszky ZA, Mohamad Bustomi (keduanya siswa MAN Wonokromo Bantul), dan Taufik Nugroho (siswa SMAN I Jetis Bantul). Sementara Pembaca Pembukaan UUD 1945 Putera Yazil Ikram dan Pembaca Pesan-pesan Pahlawan Novianda Aditiya Istiqomah (keduanya siswa SMAN ! Yogyakarta).

Menteri Sosial RI DR. Salim Segaf Al Jufri, MA dalam sambutan tertulisnya mengatakan, Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan / pejuang,sejalan dengan ungkapan salah seorang The Founding Fathers yang menyatakan bahwa .....hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar...

Hari Pahlawan seperti yang kita peringati pada hari ini disamping untuk mengenang dan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan / pejuang yang telah mendahului kita, juga dilaksanakan untuk menumbuhkembangkan Nilai Kepahlawanan sebagai modal sosial untuk kemudian mengimplementasikan dan mendayagunakannya dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalahsosial lainnya, paparnya.

Dikatakan Mensos, semangat Kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pahlawan / pejuang dalam Pertempuran 10 November, hendaknya dapat dihayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI. Selain itu, peringatan Hari Pahlawan Tahun 2011 yang mengangkat tema Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Bangun Karakter Bangsa, kiranya juga dapat menjadimomentumuntukterus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan prilaku para Pahlawan Kusuma Bangsa seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi yang pada dasarnya merupakan nilai budaya bangsa untuk membangun karakter bangsa berdasarkan Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan ini lanjut Mensos, diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa, sehingga bangsa Indonesia tidak akan terombang-ambing dan kehilangan arah di tengah derasnya arus globalisasi serta dapat menghadapi segala tantangan, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Untuk itu marilah kita gelorakan Semangat Kepahlawanan dengan dilandasi Nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial yang tinggi serta kita rapatkan barisan membangun negeri untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat sehingga bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa bermartabat yang dapat berdiri sejajar dengan negara lain serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat terus terjaga, pinta Mensos Salim Segaf.

Ia juga mengajak untuk memperingati Hari Pahlawan dengan khidmat dan semarak dengan lebih mengedepankan upaya-upaya untuk menumbuhkembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan kepada masyarakat khususnya generasi muda, dengan melibatkan semua unsur masyarakat dankomponen bangsa.

Usai Upacara Bendera dilanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta. Ziarah diikuti sejumlah peserta upacara dan pejabat Pemprov DIY, diantaranya Sekda Drs. Icshanuri, Kepala BKPM Toto Waspodo, dan Kepala Biro UHP Ir. Sigit Haryanta, MT. Upacara ziarah dipimpin Kapolda DIY Brigjen Pol. Cuk Basuki, (rsd)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: