12 Mei 2018
  Humas Berita,

Sultan: Pejabat Lahir Dari, Oleh, Untuk Rakyat

YOGYAKARTA (11/05/2018) jogjaprov.go.id - Pada dasarnya, pejabat lahir dari, oleh, dan untuk rakyatnya. Dengan cara demikian, kesan pejabat atau pemimpin institusi yang ditakuti dan berdisiplin kaku, bisa mencair, sehingga bisa menjadi dekat dengan masyarakatnya.

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam acara Pelepasan dan Penyambutan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) DIY di Bangsal Kepatihan Yogyakarta pada Jumat (11/05) malam. Dalam sambutannya, Gubernur DIY menuturkan, para pejabata FORKOPIMDA yang selama ini bertugas di DIY selalu menjaga suasana yang cair dengan masyarakat Yogyakarta sendiri.

“Disiplin bukan harga mati. Menumbuhkan dinamika suasana membuat kesan menakutkan dari beliau-beliau menjadi disegani dan dihormati, bahkan bisa menjadi mitra masyarakat. Itulah seni kepemimpinan. Sebab kalau tidak demikian, dengan ciri masyarakat Yogyakarta yang kritis sebagai pejabat akan dijauhi oleh masyarakat,” papar Sri Sultan.

Sri Sultan menambahkan, rotasi pejabat sudah menjadi tradisi dan terstruktur sebagai hal yang rutin. Peristiwa tersebut menjadi hal penting dalam rangka memelihara dinamika gerak menuju ke tataran yang lebih baik. Menurut Sri Sultan, bagi tiap pejabat yang bertugas, Yogyakarta adalah ladang ilmu dan pengalaman. Ini karena di Yogyakarta segala permasalahan kompleks dari berbagai skala bisa ditemukan.

“Semoga pengalaman suka duka dalam menghirup udara dan merasakan air Yogyakarta dapat dijadikan bekal berharga dalam mengemban jabatan baru di tempat lain. Saya dan anggota FORKOPIMDA DIY yang masih bertugas disini, mengucapkan terima kasih dan selamat bertugas di tempat baru serta selamat datang bertugas bagi pejabat baru. Mari kita bekerja bersama,” kata Sri Sultan.

Pada acara makan malam FORKOPIMDA DIY ini, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY melepas Kepala Kejaksaan Tinggi DIY Sri Harijati, SH. MM., yang dipindahkan bertugas di Kejaksaan Agung dan Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Fajar Setiawan. Acara ini juga sekaligus menyambut para pejabat baru yang bertugas di DIY yakni Brigjen TNI M. Zamroni sebagai Komandan Korem 072/Pamungkas yang baru, Marsma TNI Ir. Tedy Rizalihadi sebagai Komandan LANUD, serta Brigjen Pol. Drs. Syamsul Hidayat, M.Si sebagai Kepala Badan Intelejen Nasional Daerah (BINDA) DIY.

Sri Harijati, SH. MM., saat berpamitan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemda DIY atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik selama ini. Berkat kerja sama yang baik dan dukungan dari semua pihak, Sri Harijati, SH. MM., mengaku bisa menyelesaikan semua tugas dengan baik.

“Sebagai manusia biasa, tentu dalam bertindak atau perkataan kami ada yang salah atau tidak berkenan, karena itu kami mohon maaf. Semoga pejabat yang baru bisa melanjutkan tugas kami di DIY dengan baik dan kami sendiri bisa melanjutkan tugas dengan baik pula di tempat yang baru,” ujarnya. (Rt)

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: