21 Okt 2011
  Humas Berita,

Tiga Rangkaian Kegiatan Pameran Di JEC Dibuka

Tiga Rangkaian Kegiatan Pameran Di JEC Dibuka

 

Sultan: Pengembangan Jejaring Pemasaran Sulit Dilaksanakan Jika Promosi Juga Kurang

YOGYAKARTA(21/10/2011) pemda-diy.go.id - Peran eksspor dalam pecaturan bisnis di era global saat ini sangat penting. Karena perekonomian di negara manapun di dunia, tidak akan bisa eksis dan berkembang tanpa dilandasi oleh kemampuan meng-ekspor barang maupun jasa sebagai penopang perekonomian.

Demikian dikatakan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi DIY, Dra. Maria Supriyati, pada pembukaan tiga rangkaian kegiatan pameran, di Jogja Expo Center (JEC), Jumat (21/10)

Dikatakan, ketiga even dalam satu tempat ini merupakan kerjasama yang stategis dalam menghadapi era golabalisasi, sebab banyak tantangan guna menembus pasar ekspor. Maka para pelaku usaha dituntut untuk bisa menghasilkan produk yang berkulaitas, sehingga bisa bersaing dalam pasar ekspor.

Pengembangan jejaring pemasaran memang sulit dilaksanakan jika promosi juga kurang. Maka even Jogja Ekspor Ekspo (JEE) ke-16, Pesona Pangan ke-6 dan All Grafik Ekspo tahun 2011 ini, merupakan ajang promosi dari hasil produk-produk Indonesia asli yang bisa di ekspor, kata Sultan.

Kreativitas deasiner UKM kerajinan jelas Sultan, juga harus bisa menampilkan produk-produknya yang mempunyai daya saing di pasar global. Sehingga hasil produknya bisa menarik para buyers yang datang untuk melihat pameran ini. Even ini juga merupakan wahana interaksi bisnis, antara peserta pameran dengan pembeli, dan juga sebagai sarana market intelligence terhadap produk pesaing sesama pameran.

Staf Ahli Menteri Perdangan, Bidang Kebijakan Perdagangan Luar Negeri Pengembangan Ekonomi Khusus, Widarma Raya mengatakan, even ini sangat stategis. Di Jakartapun saat ini juga berlangsung dilaksanakan pameran Pesona Pangan. Dimana pameran pesona pangan juga akan dipamerkan pada saat even KTT ASEAN di Bali nanti yang akan memamerkan hasil produk-produk makanan olahan asli Indonesia dari seluruh daerah se Indonesia.

Momentun ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Dimana daerah yang mengahsilkan produk-produk yang berkulaitas bisa di pamerkan di stand ini, agar para buyers bisa melihat langsung hasil produknya, sehingga interaksi jual beli bisa terlaksana, tandasnya

Bagus Ardi Baliantara selaku penyelenggara melaporkan, pameran kali ini bersamaan dengan tiga kegiatan yakni Jogja Ekspor Ekspo, Pesona Pangan dan All Grafik Ekspo, bertujuan untuk memberi daya tarik para buyers dalam melihat-lihat hasil produk hasil dari daerah seluruh Indonesia berupa kuliner, kerajian, serta produk-produk mesin dan jasa yang berkulaitas .

Pameran diikuti Kabupaten Kota dari berbagai Provinsi se Indonesia. Adapun stand yang disediakan penyelenggara berjumlah 117 stand untuk JEE, 87 stand untuk Pesona Pangan, dan 40 stand untuk All Grafik Expo 2011. Pameran ini diharpakan bisa menarik para buyers guna berinteraksi antara penjual dan pembeli di Arena Jogaj Expo Center ini. (skm)

HUMAS Ro UHP DIY

Bagaimana kualitas berita ini: