20 Mar 2012
  Humas Berita,

Tim Asistensi RUUK DIY Beberkan Hasil Pantauan nya Kepada Masyarakat DIY

Panitia Hari Kartini Tingkat Prov.DIY 2012 Kampanyekan Gemarikan Di Kulonprogo

 

Kulonprogo,(21/03/2012) pemda-diy.go.id. Konsumsi ikan di DIY sampai saat ini masih terendah di bawah rata-rata konsumsi ikan di luar jawa yaitu masih kurang dari 20 kg pertahaun sehingga untuk meningkatkan konsumsi ikan bagi masyarakat DIY tersebut perlu dilakukan berbagai macam kampanye gemar makan ikan baik oleh Diskanla,PKK dan kelompok-kelompok masyarakat.

Hal demikian disampaikan Wakil Ketua IV Tim Penggerak PKK Provinsi DIY dr.Hj.Siswantiningsih .M.Kes pada Kampanye Gemarikan yang diisi dengan tekhnik pengolahan ikan dibalai Desa Karangwuni, Wates,Kulonprogo tadi pagi (Rabu,21/03) yang diselenggarakan Panitia Hari Kartini Tingkat Provinsi DIY Tahun 2012 bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DIY.

Kampanye Gemarikan yang menjadi sasaran ibu-ibu rumahtangga tersebut diharapkan ibu-ibu rumahtangga mampu mengolah ikan tidak hanya digoreng saja, tetapi dengan berbagai bentuk sajian untuk merangsang putra-putrinya untuk gemar makan ikan. Hal ini dilakukan menurut dr.Siswanti anak-anak tidak suka ikan karena takut duri atau karena tak bervariasi cara pengolahannya.

Oleh karena itu dengan adanya kampanye Gemarikan dengan pelatihan pengolahan ikan ini akan lebih meningkatkan variasi pengolahan dan merangsang anak-anak untuk mengkonsumsi ikan.

Sementara itu Mas ud Nurmo Handoyo,SH dari Bidang Bina Usaha Dinas Kelauatan dan Perikanan Provinsi DIY dalam penjelasannya mengatakan bahwa kampanye Gemarikan semacam ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena disamping akan memberikan nilai tambah pengalaman bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengolah ikan juga dapat dikembangkan sebagai usaha sampingan dalam rumah tangga guna menambah pendapatan keluarga, apalagi potensi ikan di wilayah Kabupaten Kulonprogo ini juga sangat melimpah.

Sementara itu Wakil Ketua IV Tim Penggerak PKK Provinsi DIY dr.Hj.Siswantiningsih M.Kes dikonfirmasi kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan Panitia Hari Kartini Tingklat Provinsi DIY Tahun 2012,dia menjelaskan bahwa berbagai kegiatan telah disiapkan Panitia Hari Kartini yang berasal dari 5 Komponen Organisasi Wabita di Provinsi DIY yaitu Dharma Wanita Persatuan, Dharma Pertiwi,PKK,BKOW dan Bhayangkari yaitu sesuai dengan tema hari Kartini yaitu Dengan Semangat Kartini Kita Perangi Bahaya Narkoba HIV Aids Dan Penyakit Menular serta Seksual lainnya seperti bhakti social dengan memberikan bantuan bagi buruh gendong yang berjumlah 75 orang,seminar kesehatan , papsemir, dan penanggulangan narkoba dan lain-lain.

Tema ini diambil lanjut dr.Siswantiningsih mengingat penyalahgunaan narkoba, obat-obatan terlarang serta terjadinya kasus HIV Aids di Yogyakarta tergolong sangat tinggi sehingga diperlukan penanganan yang serius. (Kar/rsd)

HUMAS Ro UHP Provinsi DIY

 

Bagaimana kualitas berita ini: