18 Mar 2012
  Humas Berita,

TP PKK DIY Peringati HKG PKK Ke-40

 

TP PKK DIY Peringati HKG PKK Ke-40

KEPATIHAN YOGYAKARTA (17/03/2012) pemda-diy.go.id Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK seperti ini akan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap terus giat melaksanakan tugas dan fungsinya yang utama, yaitu berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga.

Demikian sambutan tertulis Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang disampaikan Wagub Paku Alam IX, pada puncak acara peringatan HKG PKK ke-40 Tahun 2012 Provinsi DIY, di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Sabtu (17/03), yang ditandai dengan pemotongan tumpeng.

Dengan tema Melalui Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKK, Kita Tingkatkan Semangat Persatuan dan Kesatuan Serta Partisipasi Masyarakat Menuju Kemandirian Bangsa, ungkap Sultan, mengandung makna untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan, dengan tujuan untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur menuju keluarga sehat sejahtera yang pada gilirannya akan mewujudkan masyarakat yang mandiri.

Perhatian, kepedulian, kiprah serta dukungan PKK terhadap upaya pemerintah dalam memperluas dan meningkatkan akses pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan keluarga, Sultan berharap dapat terus terpelihara demi terwujudnya keluarga yang sejahtera.

Peran PKK perlu ditingkatkan dalam upaya menuju keluarga sejahtera lahir dan batin sekaligus berdampak bagi keluarga dan masyarakat pada umumnya, tutur Sultan.

Ketua TP PKK Pusat Vita Gamawan Fausi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Ketua TP PKK Provinsi DIY GKR. Hemas mengatakan, peringatan HKG PKK ke-40 yang diintegrasikan dengan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-9 tahun 2012, berupaya mengajak kepada keluarga-keluarga Indonesia menjadi keluarga yang cerdas, sejahtera serta mempunyai ketangguhan membangun masa depa bangsa di dalam menghadapi tantangan global menjadi bangsa yang kokoh dan mandiri.

Ia juga menegaskan, penjabaran 10 Program Pokok PKK seharusnya mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) di pusat dan daerah, mengingat TP PKK adalah mitra kerja pemerintah. Terkait hal ini diharapkan dapat berperan sebagai nara sumber dan memberikan masukan mengenai peranan TP PKK dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di setiap jenjang.

Sementara Ketua Panitia Peringatan HKG PKK ke-40 Tahun 2012 Provinsi DIY, Hj. Tri Astuti Andung PS menjelaskan, dalam rangka peringatan HKG PKK, panitia telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti audensi ke SKH KR, Bhakti Sosial pemberian bantuan kepada anak cacat dan tidak mampu, di desa Gilangharjo dan Wijirejo Kecamatan Pandak serta desa Mulyodadi dan Sumber Mulyo Kecamatan Bambanglipuro. Bantuan diberikan kepada 10 anak cacat ganda dan tidak mampu berupa kasur, perlak dan paket sembako. Selain itu juga diselenggarakan Talk Show kerjasama dengan Jogja TV dan berbagai kegiatan lomba.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan trophy hadiah kepada Kabupaten Sleman sebagai pelaksana terbaik I lomba PKK KB-Kes, disusul Gunungkidul sebagai terbaik II, Bantul terbaik III, dan Kulonprogo terbaik IV, serta kepada Kelurahan Wirobrajan sebagai terbaik I dan Kelurahan Sosromenduran terbaik II untuk kategori kota.

Lomba Pos Yandu kategori kabupaten, pelaksana terbaik I Desa Condongcatur Sleman, II Desa Wonosari Gunungkidul, dan terbaik III Desa Banjarharjo Kulonprogo. Kategori Kota diraih Kelurahan Sosromenduran. Lomba Kegiatan PHBS kategori kabupaten pelaksana terbaik I Desa Baleharjo Gunungkidul, II Desa Catur Tunggal Sleman, dan terbaik III Desa Banjarharjo Kulonprogo. Kategori kota diraih Kelurahan Wirobrajan. Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat kategori kabupaten, pelaksana terbaik I Desa Baleharjo Gunungkidul, II Desa Catur Tunggal Sleman, III Desa Sri Mulyo Bantul, serta Kelurahan Wirobrajan untuk kategori kota. Selain itu juga diserahkan penghargaan untuk Kader PKK yang sudah mengabdi selama 15 tahun secara terus menerus kepada 25 kader yang tersebar di Kabupaten dan Kota. (rsd)

 

Bagaimana kualitas berita ini: