21 Jan 2013
  Humas Berita,

TP UKS Provinsi NTT Study Banding ke DIY

YOGYAKARTA (20-01-2013) portoal.jogjaprov.go.id - Sinerginitas dengan berbagai sektor sangat penting, guna meningkatkan kesehatan anak sekolah, jika anak-anak sehat, tidak hanya sehat jasmani, rohaninya namun sehat sosial juga akan mendukung dalam menerima pembelajaran disekolah. 30 % penduduk kita adalah anak sekolah, maka jika generasi penerus bangsa kita sehat, Sumber Daya Manusiapun akan baik dan handal menghadapi masa depannya.

Hal itu disampaikan oleh Drs.Sulistyo, SH. CN.M.Si Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda DIY,saat membacakan sambutan tertulis Gubernur DIY, dalam rangka menerima kunjungan kerja Tim Pembina UKS dari Provinsi Nusatenggara Timur. di Gedung Unit VIII Kepatihan Yogyakarta, Senin (20/1)

Sementara itu John Takasen selaku ketua rombongan menjelaskan tujuan study banding ke Daerah Istimewa Yogyakarta ini, disamping silahturahim juga ingin belajar secara dekat dengan TP UKS DIY yang mana berhasil dalam segala bidangnya, hasil study banding ini nantiya akan di terapkan di NTT.

Nusatenggara Timur merupakan daerah yang sangat sulit untuk menjangkau satu daerah ke daerah yang lain, karena terdiri pulau-pulau, maka TP UKS NTT harus bekerja keras agar programnya bisa berjalan lancar. 50 % anak sekolah di NTT masih sangat memerlukan peningkatan kesehatan, maka tujuan study banding ke DIY ini akan melihat daerah-daerah DIY yang kondisinya sama dengan NTT tetapi bisa berhasil, seperti Gunungkidul, kata John.

Ditambahkan Gubernur, melalui sekolah sehat, peran dan fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pun akan bisa optimal kembali. dan lambat laun siswa akan bisa memahami pentingnya kehadiran UKS di sekolahnya.

Namun UKS juga perlu dukungan dari berbagai pihak, terutama lingkungan sekolah, agar UKS bisa tertata baik, bersih dan nyaman dirasakan oleh para siswa.

Pembangunan bidang kesehatan merupakan bagian intergral yang tidak bisa dipisahkan dengan pembangunan secara keseluruhan, jika generasi sehat akan tercipta sumber daya manusia yang handal pula. Kata Gubernur.

Rombongan TP UKS dari NTT terdiri dari para Pembina UKS yang mewakili pulau-pulau besar , sedangkan yang menerima TP UKS DIY dari berbagai Instansi terkait. (skm)

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: