27 Jun 2013
  Humas Berita,

UGM Tugaskan Tenaga Ahlinya di Lingkungan Pemda DIY Dalam Perencanaan Penganggaran 2014

UGM Tugaskan Tenaga Ahlinya di Lingkungan Pemda DIY Dalam Perencanaan Penganggaran 2014

YOGYAKARTA (27/06/2013) portal.jogjaprov.go.id. Mulai Tanggal 1 Juli hingga 31 Desember 2013 seluruh jajaran SKPD di Lingkungan Pemerintah DIY akan didamping tenaga ahli Profesor,Doktor dan sebagainya dari berbagai disiplin ilmu di berbagai Fakultas di Lingkungan UGM Yogyakarta yang penyerahan Surat tugasnya siang tadi (Kamis,27/06) berlangsung di Gedung Pracimosono, Kepatihan,Yogyakarta oleh Sekda DIY Drs.H.Ichsanuri atas nama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Penempatan tenaga ahli atau dengan kualifikasi Doktor dari UGM tersebut menurut Sekda DIY sebagai realisai pertemuan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan para doktor muda di UGM beberapa waktu lalu dengan tujuan untuk mendampingi penyusunan perencanaan di SKPD-SKPD di lingkungan Pemda DIY yang lebih komprehensif lagi dan untuk lebih memenuhi berbagai keinginan masyarakat.

Sekretaris Eksekutif UGM Yogyakarta Drs Gugup Kismono MBA Ph.D ketika mewakili Rektor UGM Prof Dr Pratikno M.Soc.Sc dalam kesempatan sambutannya antara lain menyatakan bahwa Kerjasama antara Universitas Gajah Mada dengan Pemda DIY ini bukan pertama kali, namun telah terjalin sejak dahulu kala atau Indonesia Merdeka. Oleh karena itu kerjasama antara Pemda DIY dengan penempatan para ahli di jajaran SKPD DIY hendaknya oleh pejabat SKPDdi lingkungan Pemda DIY dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam rangka perencanaan penganggaran, pelaksanaan program kegiatan pembangunan oleh SKPD guna meningkatkan kesejahteraan rakyat DIY.

Lebih lanjut Sekretaris Eksekutif UGM Yogyakarta Drs Gugup Kismono MBA Ph.D mengatakan bahwa kerjasama ini sifatnya sangat strategis mengingat ada kebiasaan di instansi tertentu termasuk di UGM, dimana kita sudah bertahun-tahun dikuasai rezim tukang ketik. Rezim tukang ketik ini artinya menurut Gugup Kismono,kita itu kebiasaan melakukan copy-paste dalam hal melakukan perencanaan penganggaran dan sebagainya daritahun lalu.

Dia mencontohkan bahwa tahun lalu ada kegiatan macem-macem, anggarannya itu berapa itu yang lalu dicopy ditambahi 10 %, tambah lai lagi 15% , kalau mau optimis ya tambahi 20 % begituungkapnya

Hal seperti itu menurut Pakar UGM ini hal yang sangat mudah dilakukan, tetapi dari sisi strategic view sangat membahayakan karena tidak didasarkan sesuatu yang sifatnya strategis jangka panjang yang sebetulnya merupakan keinginan kita untuk berkontribusi lebih tinggi kepada kesejahteraan rakyat.

Harapan Sekretaris Eksekutif UGM Yogyakarta Drs Gugup Kismono MBA, Ph.D kehadiran para ahli ini doctor, professor dari berbagai macam fakultas ini kontribusi optimal diberikan dan dimohon jajaran pejabat SKPD di lingkungan Pemda DIY bisa memanfaatkan seoptimal mungkin sehingga kerjasama ini sesuai degan keinginan kita yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu Kepala Bappeda DIY Drs.H.Tavip Agus Rayanto.M.Si menambahkan bahwa kehadiran para pakar dari UGM ini lebih mewarnai dalam rangka perencanaan penganggaran, pelaksanaan program kegiatan pembangunan oleh SKPD guna meningkatkan kesejahteraan rakyat DIY sehingga Keistimewaan Yogyakarta itu lebih nyata.

Hadir dalam pertemuan tenaga ahli dari UGM yang berjulmah 36 pakar (Kualifikasi doktor) dengan pejabat SKPD di Lingkungan Pemda DIY yaitu seluruh kepala SKPD. (kar)

 

 

HUMAS DIY.

Bagaimana kualitas berita ini: