06 Sep 2013
  Humas Berita,

Wagub DIY Membuka Meeting Indonesia Occupational Therapists Association

 

 

YOGYAKARTA (06/09/2013) portal.jogjaprov.go.id - Dengan adanya penyelenggaraan The 3rd Annual Scientific Meeting Indonesia Occupational Therapists Association diharapkan nantinya pengetahuan dan ketrampilan para okupasi terapis dapat semakin meningkat serta mendukung kompetensi dalam menjalankan profesi tersebut didalam kehidupan sehari-hari.

 

Demikian dikatakan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX pada acara membuka The 3rd Annual Scientific Meeting Indonesia Occupational Therapists Association dan Kongres Nasional V Ikatan Okupasi Terapis Indonesia di Hotel Grand Quality Yogyakarta. Jumat (06/09)

 

Selain itu Wagub juga mengatakan bahwa yang namanya profesi okupasi terapi secara umum masyarakat kita belumlah mengenal, hal ini sangatlah wajar karena profesi ini masih tergolong baru di Indonesia dan tentunya masih sangatlah asing pengetahuan mengenai okupasi terapi akan menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para praktiknya untuk semakin giat memperkenalkan arti penting kehadiran profesi ini kepada masyarakat luas.

 

Wagub sangat bersyukur dengan dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini, karena Yogyakarta merupakan salah satu dari beberapa kota di Indonesia yang dinilai peduli dan berhasil dalam membina sekaligus mendorong perkembangan pendidikan inklusif di Indonesia.

 

Karena itu menurut Wagub pada Tahun 2012 Kota Yogyakarta menerima penghargaan Inclusive Education Award dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan UNESCO pun turut mempercayai bahwa Kota Yogyakarta dijadikan sebagai daerah percontohan pendidikan Inklusif di ASEAN.

 

Disamping itu Wagub berharap, untuk DIY sendiri kebutuhan akan tenaga okupasi terapi akan semakin meningkat. Hal ini terkait dengan kebijakan pemerintah derah yang pro kepada pengembangan pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus sehingga secara otomatis Yogyakarta bisa menyediakan sumber daya manusia yang mendukung kebijakan tersebut.

 

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan beberapa pembicara diantaranya Bambang Kuncoro. MOT, Dosen Politekes Surakarta dengan judul makalahnya CBT Pada Kasus Nyeri Muskuloskeletal. Selanjutnya Suchada Sakomsatian. BS MOT Advisory Group. DMH. dengan topic Permasalahan Psycosocial Rehabilitasi.

 

Bambang Hastha Yoga Bagian Psykiatry FK UGM/RSUD DR Sardjito, dengan materi Kolaborasi Peran Medis Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Authisme pada anak, Putrika PR Gharini Bagian SMF Kardiologi dan Vascular FK UGM, dengan materi Peran Rehabilitasi dalam Integrated Cardiovascular Care.

 

Dan satu-satunya nara sumber yang berasal dari negara luar yaitu R. Lyle Duque. MSC.OTRP. FOTAP mengangkat topic permasalahan yaitu Supporting Childrens Sense-ational Transition to Schools.

 

Dalam Kegiatan ini dihadiri sekitar 150 peserta teridiri dari mahasiswa dan pekerja rumah sakit yang menangani Okupasi terapis dari beberapa rumah sakit di Indonesia. (dyk)

 

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: