15 Apr 2012
  Humas Berita,

Wagub DIY Menerima Kunjungan Penasehat Kedubes Malaysia

Wagub DIY Menerima Kunjungan Penasehat Kedubes Malaysia

Kepatihan Yogyakarta (14/04/2012) pemda.diy.go.id Pemerintah Malaysia ingin melakukan kerjasama bidang pendidikan dengan Pemerintah Provinsi DIY. Hal ini disampaikanDirektur/Penasehat Kedubes Malaysia di Jakarta Yahurin Mohd. Yassin pada saat melakukan kunjungan ke Pemerintah Provinsi DIY.

Wagub DIY Paku Alam IX yang didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan Sekda Prov.DIY dr. Andung Prihadi. S.M.Kes. menerima tamunya di Gedung Pare Anom Kepatihan Yogyakarta, pada hari Sabtu pagi (14/04).

Dijelaskan, Yahurin Mohd. Yassin yang didampingi delapan rektor Universitas Negeri di Malaysia diantaranya yaitu Universitas Sabah Malaysia, Universitas Putra Malaysia,Universitas Islam antar Bangsa, Universitas Teknologi Malaysia,Universitas Pendidikan Sutan Ide, Universitas Tehnika Malaka, bahwa maksud kunjungan ini untuk memberikaninformasi tentang perguruan tinggi yang ada di Malaysia kepada mahasiswa atau pelajarkhususnya di DIY dalam rangka menjalin kerjasama dibidang pendidikan education Malaysia dengan Pemerintah Provinsi DIY

Menurut Yahurin siswa dan mahasiswaMalaysia yang ada di Indonesia dalam menempuh pendidikan tercatat 7000 ribu orangdan siswa dan mahasiswa Indonesia yang ada di Malaysia tercatat 12.000 orang serta Dosen Indonesia yang ada di Malaysia tercatat5000 orang. Adanya perbedaan angka siswa dan mahasiswa ini menurut Yahurin dipengaruhi adanya kemajuan pendidikan yang murah dan bertaraf internasional.

Pada kesempatan tersebut, Yahurinmengucapkan terima kasih kepada Wagub DIY yang telah berkenan menerima kunjungan ini dan diharapkanantara Pemerintah Malaysia dengan Pemprov DIY bisa menjalin kerjasama dibidang pendidikan tidak hanya program S1 dan S2 saja, akan tetapi juga melakukan kerjasama pertukaran dosen dan mahasiswa,study banding siswa, dan tidak menutup kemungkinanadanya pertukaran karyawan-karyawan yang ada di jajaran pemerintah untuk mengadakan program dalam menunjang peningkatan SDM yang lebih baik, Jelasnya.

Sementara Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, dengan rasa hangat penuh kekeluargaan mengucapkan terima kasih atas kedatangan tamunya dan menyambut baik atas rencana kerjasama bidang pendidikan, namun akan dilakukan koordinasi/pembicaraan terlebih dulu sesuai bidang/sector masing-masing, jelas Wagub.

Ditambahkan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Prov. DIY dr. Andung Prihadi. S.M.Kes. bahwa Wagub DIY, menanggapi dengan sangat positif dikarenakan hal ini menyangkut pendidikan dikedua provinsi maupun Negara. berkaitan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang telah berkunjung ke Universitas Sabah Malaysia beberapa waktu yang lalu untuk memberikan peluang agar bisa ditingkatkan kerjasama khususnya dibidang pendidikan diantara kedua Negara Indonesia dan Malaysia.

Dikatakan, tidak menutup kemungkinan rencana tersebut ditindaklanjuti dengan Memorandum ofUnderstanding, baik kerjasama pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa dan tidak menutup kemungkinan kerjasama peningkatan SDM PNS yang ada di Pemprov DIY. Ujarnya. (dyk)

Humas Ro. UHP. DIY

Bagaimana kualitas berita ini: