28 Agt 2013
  Humas Berita,

Wagub DIY Sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Pramuka

 

 

BANTUL (27/08/2013) portal.jogjaprov.go.id - Seluruh komponen kwartir cabang, kwartir ranting dan gugus depan kepramukaan di DIY hendaknya untuk selalu merapatkan barisan guna meningkatkan kualitas Gugus depan sebagai wahana penanaman nilai-nilai di dalam membentuk watak yang kuat dan tangguh kepribadioanya, serta luhur budi pekertinya unutk selalu hidup dalam kerukunan, kompak dan bersatu menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia.

 

Demikian dikatakan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam Ke IX selaku Pembina Upacara dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke 52 Tahun 2013 yang diselenggarakan di lapangan Tri Renggo Bantul, Rabu (27/08)

 

Dikatakan Wagub, bahwa dengan masih rendahnya masalah semangat kebangsaan, semangat bela Negara, dan semangat persatuan dan kesatuan dikalangan generasi muda, disinilah pentingnya peranan gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal demi menyelamatkan kaum muda dari cengkeraman berbagai permasalahan yang dihadapi saat ini.

 

Disamping itu, Wagub juga mengajak untuk memajukan organisasi kepramukaan saat ini, perlu adanya langkah kemandirian sesuai UU No. 12 tahun 2010 bahwa gerakan pramuka dimungkinkan membentuk badan usaha dan mencoba memulai pelaksanaan iuran anggota yang tidak membebani peserta didik.

 

Dalam pelaksanaan upacara bertugas sebagai Komandan Upacara adalah Devi Reka Pratama siswa dari sekolah lanjutan tingkat pertama dari SMP 1 Bantul. Pembaca Pancasila Azizah dari SMP 1 Bantul, Pembaca UUD 1945 Risma Dian Putri dari SMP 1 Bantul, Pembaca Dasa Dharma Anisa Cavera dari siswi SMP 1 Bantul sedang pembac Dwi Darma Keparamukaan adalah Nurul Safa sisi dari SD Muhamaddiyah Banguntapan. Peserta upacara diikuti dari 17 Kecamatan di Bantul yang masing- masing kecamatan mengirimkan 4 pasukan dari masing- masing pasukan terdiri dari 33 siswa pramuka.

 

Dalam kesempatan itu Wagub juga memberikan tanda penghargaan orang dewasa Gerakan Pramuka DIY yaitu kepada Hj. Moerdjono Probo Pranowo yang dilahirkan pada tahun 1921 merupakan tokoh Pelopor Gerakan Pramuka di DIY, disamping itu penghargaan diberikan kepada Ganis Armoyo. Spd, Hari Rahardjo, Agus Mariman, dan Toto Ariyanto. (dyk)

 

 

HUMAS DIY

Bagaimana kualitas berita ini: