27 Feb 2012
  Humas Berita,

Wagub Paku Alam IX Buka Musda Paguyuban Dukuh Se DIY

Wagub Paku Alam IX Buka Musda Paguyuban Dukuh Se DIY

GUNUNGKIDUL(26/02/2012) pemda-diy.go,id Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menegaskan, Dukuh memiliki peran strategis dalam pengaturan masyarakat ditingkatan palinjg bawah dan memiliki andil besar dalam mencapai keberhasilan pembangunan nasional. Sehingga sudah semestinya program kerja yang dirumuskan bernilai konstruktif, yang kesemuanya diperlukan untuk kepentingan pembangunan skaligus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penegasan tersebut disampaikan Sultan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur DIY Paku Alam IX, ketika membuka Musyawarah Daerah (Musda) Paguyuban Dukuh Se DIY Semar Sembogo (Sedyo Marsudi Rahayu Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kulonprogo), di Gedung DPRD Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (25/02).

Sultan menyambut baik penyelenggaraan Musda kali ini, karena kegiatan ini mempunyai arti penting dan sangat strategis. Sebab Musda merupakan momentum untuk melakukan regenerasi kepengurusan baru. Untuk itu, pengurus baru terpilih nantinya hendaknya bisa merespon aspirasi dari seluruh anggota. Sehingga program kerja ke depan menjadi lebih akomodatif dan visioner.

Arah yang dituju oleh Paguyuban Dukuh DIY Semar Sembogo menjadi lebih fokus dan memberi manfaat yang diharapkan, tuturnya.

Musda Paguyuban Dukuh se DIY Semar Sembogo 2012 diikuti para pengurus Paguyuban Dukuh se DIY, pengurus Paguyuban Dukuh Cokro Pamungkas Sleman, Pandu Bantul, Madukoro Kulonprogo, dan Jonoloka Gunungkidul serta partisipan dari elemen masyarakat pendukung keistimewaan Yogyakarta.

Sementara Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, SSos dalam sambutannya antara lain mengemukakan,Dukuh adalah wakil masyarakat yang mempu menjebatani beragam aspirasi, sehingga kebijakan pemerintah dapat menyentuh permasalahan pokok yang dihadapi masyarakat, seperti halnya yang terkait dengan keistimewaan Yogyakarta. Oleh karenanya kepada seluruh Dukuh khususnya yang tergabung dalam paguyuban, untuk memahami dan juga merespon dinamika tersebut dengan upaya yang proaktif dan bijaksana.

Terkait dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Bupati Badingah meminta kepada para Dukuh untuk meningkatkan kompetensi diri dan juga kemampuan beradaptasi terhadap tuntutan tugas serta tanggung jawab.

Hal ini perlu saya sampaikan mengingat peran dan tanggung jawab yang dibebankan pada para Dukuh dewasa ini yang semakin berat seiring kompleksitas permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat, katanya.

Musda Paguyuban Dukuh se DIY Semar Sembogo 2012 diikuti para pengurus Paguyuban Dukuh se DIY, pengurus Paguyuban Dukuh Cokro Pamungkas Sleman, Pandu Bantul, Madukoro Kulonprogo, dan Jonoloka Gunungkidul serta partisipan dari elemen masyarakat pendukung keistimewaan Yogyakarta. Selain itu juga diikuti para Ketua dan pengurus paguyuban Kepala Desa di wilayah Kecamatan Wonosari. (rsd)

HUMAS

Bagaimana kualitas berita ini: